Sering Disebut Panjang Umur Mimpikan Orang Meninggal, Padahal Maknanya Lebih Pedih dari Itu

Ilustrasi mimpi
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA –  Setiap kita yang sedang tertidur pasti pernah mengalami mimpi. Ada beberapa dari kita yang selalu penasaran dengan arti dibalik mimpi kita. 

Teka-teki Tewasnya Brigadir RAT, Polisi Bakal Bongkar Isi SMS Korban dengan Istri

Salah satu mimpi yang umum dan pernah dirasakan oleh setiap orang adalah mimpi keluarga atau kerabatnya meninggal dunia. Tidak sedikit dari kita warga Indonesia yang menganggap bahwa bermimpi orang lain meninggal berarti panjang umur. Scroll lebih lanjut ya.

Lantas bagaimana arti mimpi jika dilihat dari sisi psikologis? Melansir laman Verywell mind, psikolog klinis di Infinite Recovery, Carolina Estevez, PsyD menjelaskan bahwa bermimpi tentang seseorang yang meninggal memiliki arti beragam.]

Istri Tak Percaya Brigadir Ridhal Ali Tewas Bunuh Diri: Janggal Sekali, Sangat Tidak Mungkin

Carolina menjelaskan seseorang yang memimpikan orang lain meninggal bisa melambangkan akhir dari hubungan atau fase penting dalam hidup orang tersebut seperti ketulusan, pindah, atau putus dari seseorang.

"Ini juga bisa mewakili tindakan melepaskan sesuatu seperti sistem kepercayaan atau kebiasaan lama. Terkadang bermimpi tentang kematian dikaitkan dengan ketakutan akan kematian," kata Carolina Estevez menambahkan.

Kematian Brigadir Ridhal Ali Janggal, Kapolda Sulut Terbangkan Tim Khusus ke Jakarta

Sementara itu, ahli mimpi tersertifikat dan penulis tiga buku tentang tidur dan mimpi, Tzivia Gover mengatakan bahwa mimpi tentang kematian biasanya memiliki metafora tersembunyi di dalamnya, dan mimpi tentang kematian sering kali merupakan metafora untuk beberapa jenis akhir atau penyelesaian. Misalnya, Anda mungkin bermimpi tentang kematian pada saat transisi dalam hidup Anda, ketika pekerjaan, hubungan, atau keterikatan Anda pada cara berperilaku lama telah berakhir dan Anda berada di ambang sesuatu yang baru, katanya.

Namun tak hanya itu saja ada beberapa makna lainnya terkait dengan mimpi orang meningal

1. Jika bermimpi ada anggota keluarga meninggal

Ilustrasi mimpi saat tidur.

Photo :
  • Pixabay/Enrique Meseguer

Tidak mengherankan jika kita bermimpi tentang kematian, mimpi tersebut biasanya berpusat pada seseorang yang dekat dengan kita, seperti anggota keluarga atau teman dekat, kata Gover. Hal itu, kata dia karena sebagian besar kekhawatiran kita tentang kehilangan berasal dari hubungan terdekat kita, dan mereka adalah orang-orang yang ada dalam pikiran kita, dan yang sangat kita rasakan.

Sementara itu, psikolog klinis, dr Carolina Estevez menjelaskan, apa yang dilambangkan oleh mimpi-mimpi ini bergantung pada hubungan yang kita miliki dengan orang yang anda impikan. 

"Mimpi-mimpi ini mungkin melambangkan masalah yang belum terselesaikan dengan orang tersebut, atau keinginan untuk lebih dekat dan pengertian di antara kalian," jelasnya. 

Terkadang, mimpi-mimpi ini juga menunjukkan ketakutan akan ditinggalkan atau penolakan dari orang tersebut. Mereka juga menyatakan keinginan untuk melindungi mereka dari bahaya, kata Dr. Estevez.

2. Mimpi suami atau istri meninggal

Ilustrasi bermimpi.

Photo :
  • http://guzlint.blogspot.com

Ada banyak cara untuk menafsirkan mimpi yang kita alami tentang kematian pasangan. Sekali lagi, itu semua tergantung pada hubungan khusus Anda dan isi mimpi Anda.

Carolina menjelaskan, mimpi-mimpi ini dapat menunjukkan bahwa ada semacam perubahan yang akan terjadi dalam hubungan seesorang baik atau buru dan bahwa Anda perlu mempersiapkan diri secara emosional untuk menghadapi masa depan.

Gover juga menyatakan demikian, dia menjelaskan bahwa sering kali mimpi tentang kematian pasangan bisa berarti beberapa jenis perubahan akan segera terjadi.

Arti mimpi kematian pasangan mungkin menunjukkan bahwa kamu melepaskan atau kamu siap melepaskan beberapa aspek dalam pernikahanmu atau bahwa pernikahanmu sedang memasuki fase baru.

3. Mimpi lihat mayat

Bermimpi melihat mayat bisa jadi menakutkan dan cukup menakutkan. Diungkap dr. Carolina Estevez melihat mayat dalam mimpi mungkin melambangkan ketakutan akan kematian, serta ketakutan yang terkait dengan kematian seperti penuaan dan kehilangan.

Alternatifnya, ini mungkin mewakili akhir dari sesuatu yang penting bagi Anda, katanya, seperti hubungan atau karier.

4. Mimpi menghadiri pemakaman seseorang 

VIVA Militer: Ilustrasi Pemakaman Tentara Amerika Serikat

Photo :
  • Task and Purpose

Menemukan diri kita menghadiri pemakaman seseorang dalam mimpi juga bisa mengganggu. Seringkali, jenis mimpi ini mewakili sejenis ritus peralihan, kata Gover atau cara mengucapkan selamat tinggal terakhir. 

Dan ucapan selamat tinggal ini mungkin tidak selalu berhubungan langsung dengan orang yang Anda datangi ke pemakamannya.

"Tanyakan pada diri Anda, apa yang ingin Anda ucapkan selamat tinggal dalam hidup Anda? Apakah ada suatu hubungan, fase kehidupan, atau pekerjaan yang akhir ceritanya membuat Anda berduka?," kata Gover. 

5. Mimpi Menyaksikan Kematian Seseorang

Menyaksikan seseorang meninggal adalah salah satu mimpi paling menakutkan yang dialami banyak orang, terutama jika itu adalah seseorang yang sangat Anda cintai atau yang ingin Anda lindungi. Ada banyak cara untuk menafsirkan mimpi-mimpi ini, dan mimpi-mimpi tersebut tidak selalu tentang orang yang meninggal dalam mimpi anda.

Petunjuk tentang arti mimpi tersebut bisa anda dapatkan berdasarkan bagaimana orang yang ada dalam mimpi tersebut meninggal, jelas Gover. Misalnya: jika mereka tercekik, tanyakan bagaimana perasaan Anda seperti 'tidak bisa bernapas' dalam suatu situasi atau dalam suatu hubungan, katanya. 

Jika seseorang diserang, tanyakan di bagian mana dalam hidup Anda Anda merasa diserang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya