Alfira Oktaviani Ciptakan Semilir Ecoprint, Brand Fashion Ramah Lingkungan Modal Rp500 Ribu

 Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2022 asal Yogyakarta Alfira Oktaviani
Sumber :
  • Istimewa

Yogyakarta – Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2022 asal Yogyakarta Alfira Oktaviani menggagas brand eco fashion bernama Semilir Ecoprint. Menurutnya brand ini didirikan untuk mengenalkan brand fashion berkelanjutan yang ramah lingkungan melalui teknik ecoprint.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Sebagai informasi Alfira Oktaviani sendiri merupakan seorang pengusaha wanita atau kini dikenal mompreneur lulusan sarjana apoteker Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Mak Ganjar Lampung gelar pelatihan kerajinan tangan metode ecoprint

Photo :
  • Dok. Istimewa
Membudayakan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dengan Panel Surya

Kecintaannya terhadap fashion dan seni membuatnya tertarik mempelajari seni ecoprint yang baru masuk Indonesia di kisaran tahun 2016. 

Dengan tekad keterampilan yang ia miliki dan modal Rp 500 ribu, Alfira memulai bisnis fashion ecoprint ini.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

“Bekal saat kuliah apoteker, mata kuliah manajemen bisnis, morfologi tumbuhan hingga teknik kimia sangatlah berguna dalam memulai usaha dan mengembangkan bisnis Semilir ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, 27 September 2023.

Mulanya, lanjut dia, Semilir hanya memproduksi tas wanita. Namun seiring berkembangnya permintaan pasar mereka juga memproduksi kain ecoprint, baju hingga home decor bertema ecoprint. 

Alfira mengatakan, produk-produk buatan Semilir merupakan barang dengan target pasar wanita perkotaan usia di atas 25 tahun dengan kelas ekonomi A yang memiliki green natural life style dan mencintai produk handmade lokal.

“Keunggulan produk Semilir dapat memadukan warisan budaya Indonesia di setiap produk. Misalnya seperti, inovasi produk ecoprint pada media kulit kayu lantung (program mengusung lantung Bengkulu dengan keindahan ecoprint),” paparnya

Hasil ecoprint Semilir memiliki motif yang tegas dan warna yang khas, dengan warna earthy-pastel.

Alfira Oktaviani, penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2022

Photo :
  • Isntagram @alfiraoktaviani
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya