Sikat Gigi di Siang Hari, Bisa Batalkan Puasa? Begini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Ilustrasi sikat gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Bau nafas selama berpuasa adalah sesuatu hal yang lumrah dialami oleh umat muslim. Bau mulut yang muncul selama kita berpuasa, biasanya dipicu oleh beberapa hal, diantaranya adalah makanan yang kita konsumsi saat santap sahur yang cenderung berbau menyengat. Alhasil menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Selain itu bau mulut juga dapat muncul dari dalam tubuh kita sendiri, seperti yang dialami oleh pasien pengidap diabetes atau maag. Bau mulut yang dialami selama puasa bagi sebagian orang kurang membuat mereka nyaman, alhasil ada dari kita yang memilih untuk menyikat gigi saat puasa demi membuat mereka lebih percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain. Lantas batalkah puasa kita ketika menyikat gigi? Scroll lebih lanjut ya.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Terkait hal ini, ustaz Adi Hidayat angkat bicara. Dijelaskan Ustaz Adi Hidayat bahwa menyiat gigi saat puasa terutama di siang hari tidak membatalkan puasa. Ustaz Adi Hidayat bahkan menjelaskan bahwa menjaga kebersihan mulut saat puasa dengan menyikat gigi merupakan amalan mustajab yang sangat dianjurkan. Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa Rasulullah SAW juga memerintahkan umat muslim untuk bersiwak setiap kali solat.

“Kata Nabi SAW, kalaulah tidak memberatkan kepada umatku, tentu aku akan perintahkan umatku untuk bersiwak setiap kali akan shalat. Kata para ulama di siang Ramadhan justru dianjurkan, ini amalan mustahab," ujar Ustaz Adi Hidayat, dikutip dari kanal Youtube Ustaz Adi Hidayat Official.

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Ustaz Adi Hidayat (UAH)

Photo :
  • YouTube: Ustaz Adi Hidayat

Namun ustaz Adi Hidayat menghimbau kepada umat muslim ketika ingin menyikat gigi saat puasa. Ustaz Adi hidayat mengingatkan untuk berhati-hati agar tidak menelan pasta gigi atau air yang digunakan untuk berkumur. Sebab jika pasta gigi atau air yang digunakan untuk berkumur masuk ke mulut dapat membatalkan puasa. 

Oleh karena itu, disarankan oleh Ustaz Adi Hidayat untuk menggunakan siwak atau sikat gigi tanpa pasta gigi untuk menghindari kemungkinan tersebut. Dengan demikian, menjaga kebersihan mulut dan gigi selama Ramadhan tidak hanya membantu dalam menjaga kesehatan tetapi juga merupakan bagian dari amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya