Bolehkah Pria Hanya Pakai Celana Pendek saat Ziarah ke Kuburan? Ini Penjelasannya Menurut Islam

Tradisi Ziarah Kubur Jelang Puasa Ramadhan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA Lifestyle – Ziarah kubur dalam Islam sendiri merupakan sebuah tradisi mengunjungi makam seseorang yang sudah lebih dulu meninggal dunia. Biasanya kegiatan ziarah kubur ini sering dilakukan menjelang momen bulan suci Ramadhan maupun menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Meski sudah ritual atau kegiatan yang dilakukan sejak lama, tak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui adab-adab yang sebaiknya kita lakukan saat ke sana. Jangan sampai kita salah bahkan tidak mematuhi adab yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Scroll untuk baca artiel selengkapnya.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Ziarah Kubur

Seperti kita ketahui, ziarah kubur menurut Islam merujuk pada kegiatan mengunjungi makam orang-orang yang telah lebih dulu meninggalkan kita. Biasanya, tujuan kita melakukan ziarah kubur ini untuk mendoakan mereka dan memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah lakukan selama di dunia.

Kirim Gambar Kuburan di Chat, Anak Anggi Pratama: Daddy, Mami di Sini

Bisa dikatakan, ziarah kubur ini bisa menjadi pengingat kita sebagai umat Muslim bahwa sesungguhnya hidup di dunia ini tidak ada yang kekal abadi. Dan kematian adalah sesuatu yang pasti terjadi pada setiap manusia. 

Berbicara soal ziarah kubur ada beberapa adab yang seharusnya dipatuhi oleh para pengunjung. Salah satunya jenis pakaian yang dikenakan saat mengunjungi kuburan alias nyekar ini. Mungkin Anda sering menemui banyak pertanyaan di masyarakat terkait penggunaan pakaian, seperti yang digunakan oleh pria yaitu celana pendek

Hal tersebut dikarenakan, ada segelintir pria yang lebih memilih nyaman menggunakan celana pendek dalam aktivitasnya sehari-hari. Lantas, bolehkan memakai celana pendek saat ziarah kubur?

Hukum Pakai Celana Pendek ke Kuburan

Dikutip dari buku Adab Berziarah Kubur Untuk Wanita oleh Mutmainah Afra Rabbani, ketika berziarah kubur hendaknya kaum wanita tetap memakai pakaian yang menutup auratnya sesuai aturan Islam.

Adab berpakaian sesuai aturan juga menjadi salah satu adab yang harus kita perhatikan saat ingin melakukan ziarah kubur. Umat Islam, baik wanita maupun pria sebaiknya tidak memakai celana pendek saat hendak melakukan ziarah ke kuburan.

Menutup aurat dan berpakaian sopan merupakan salah satu adab yang harus dipenuhi jika ingin ziarah kubur. Di mana untuk seorang laki-laki sebaiknya tidak mengenakan celana pendek di atas lutut berarti, hal tersebut karenakan itu termasuk membuka aurat. 

Ziarah Kubur Jelang Ramadan

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Sementara, untuk seorang perempuan yang memakai celana pendek sudah jelas itu tidak menutup auratnya dan tidak diperkenankan untuk berziarah kubur. Mengunjungi kuburan merupakan bentuk penghormatan kepada yang meninggal dan keluarganya.

Jadi, alangkah baiknya untuk selalu berpakaian sopan dan tertutup sebagai bentuk penghormatan tersebut. Memakai celana pendek mungkin dianggap kurang sopan oleh sebagian orang. Untuk adab ziarah kubur lainnya yang perlu Anda ketahui beberapa di antaranya sebagai berikut ini;

Sebelum Ziarah Kubur

  • Menentukan waktu yang tepat: Hindari berziarah pada waktu yang dilarang, seperti saat matahari terbit, terbenam, dan waktu shalat.
  • Menjaga kebersihan dan berpakaian rapi: Berpakaianlah sopan dan menutup aurat.
  • Membawa perlengkapan yang diperlukan: Bawalah air untuk menyiram kuburan, bunga, dan doa.

Saat Ziarah Kubur

  • Mengucapkan salam: Ucapkan salam saat memasuki area pemakaman.
  • Menjaga sikap sopan: Berjalanlah dengan tenang dan tidak berisik.
  • Membaca doa: Bacalah doa untuk mendoakan orang yang telah meninggal.
  • Menyiram kuburan: Siramlah kuburan dengan air.
  • Merenungkan kematian: Gunakan waktu untuk merenungkan kematian dan mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat.

Setelah Ziarah Kubur

Mendoakan orang yang telah meninggal: Doakan agar mereka diampuni dosa-dosanya dan diterima di sisi Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya