Karya Seni dan Budaya Indonesia Siap Unjuk Gigi di Eropa

Karya seni Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Indonesia akan ikut memamerkan sejumlah hasil seni dan budaya dalam ajang Europalia 2017. Gelaran ini akan berlangsung mulai 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Lebih dari 400 pekerja seni yakni seni tari, pertunjukan, musik, instalasi, film yang menyuguhkan lebih dari 226 karya dan program dapat dinikmati oleh khalayak pecinta seni melalui ajang Europalia di berbagai kota di Belgia dan negara sekitarnya.

"Tujuan keikutsertaan Indonesia dalam Europalia 2017 ini untuk menduniakan keragaman budaya Indonesia yang toleran, demokratis dan modern namun tetap menjunjung tinggi khasanah seni dan budaya," kata Idham Setiadi, tenaga ahli Cagar Budaya Saintifik Komite Europalian, Selasa 11 Juli 2017.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Dia menjelaskan, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia akan menampilkan budaya tradisional dan kontemporer dengan mengangkat keberagaman seni dan budaya Indonesia dalam Europalia. Seluruh persiapan saat ini tengah memasuki tahap akhir, yakni penyelesaian pembuatan produksi dari setiap karya yang sudah terpilih untuk tampil dalam pameran maupun pertunjukan.

Sebagai informasi, Europalia 2017 yang akan diresmikan dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo bersama Raja Philippe dari Belgia ini sekaligus menghantar wajah ragam budaya Indonesia, menyampaikan pesan melalui kreasi warna dengan media gerak, bunyi, suara, maupun instalasi serta artefak.

Unik, Vespa Hadir di Runway Indonesia Fashion Week (IFW) 2024

Karya seni Indonesia

East Side Gallery, sisa tembok Berlin yang kini jadi galeri seni (Foto ilustrasi).

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Galeri seni juga memiliki dampak signifikan bagi sektor ekonomi hingga pariwisata tanah air, menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024