Imbas Teknologi, 9 Profesi Ini Jadi Favorit di Masa Depan

Ilustrasi wanita arsitek
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Arus perubahan sudah di depan mata. Bila kita lihat 10 tahun lalu, ponsel pintar belum menjadi bagian dari gaya hidup. Strategi mempromosikan barang masih dilakukan secara manual: mendatangi rumah demi rumah, berharap ada yang berkenan membeli.

Wow, di Australia Ada Profesi Sewa Jasa Jadi Ayah

Demikian halnya dengan Google, puluhan tahun lalu, siapa sangka pencarian informasi kini bisa semudah menggerakkan jemari, tanpa perlu keluar rumah. Kemunculan teknologi tak ayal telah mengubah pola industri dunia.

Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Kasali pernah menyebutkan dalam salah satu artikelnya yang dimuat di laman Rumah Perubahan, ada beberapa pekerjaan yang 20 tahun lalu eksis, perlahan-lahan pudar sebagai imbas dari 'otot digantikan robot'.

Survei: Pindah Kerja Tahun Depan, Kamu Bisa Naik Gaji 50 Persen

Setelah petugas pengantar pos, diramalkan penerjemah dan pustakawan akan menyusul. Rhenald juga menulis tentang ramalan akan berkurangnya profesi kasir di supermarket, sopir taksi, loper koran, agen asuransi, dan sejumlah besar akuntan. Termasuk profesi dosen yang pada tahun-tahun mendatang, kampus akan berubah menjadi semacam EO yang mengorganisir kuliah dari ilmuwan-ilmuwan kelas dunia.

Meski mengikis beberapa profesi, tak dapat dipungkiri perubahan juga melahirkan bidang pekerjaan baru. Laman Chron memprediksi beberapa profesi yang akan amat dibutuhkan pada 10 hingga 20 tahun mendatang. Apa saja itu?

Sepuluh Profesi Baru yang Diprediksi Akan Menguntungkan

Analis data statistik

Setiap kali Anda menggesekkan kartu debit, kredit, atau kartu belanja lain, semua informasi disimpan di gudang data virtual. Bagi perusahaan, data adalah segalanya. Sayangnya, tidak semua pemilik perusahaan mengetahui bagaimana mengelolanya. Di sinilah peran analis statistik diperlukan. Menurut Kepala Ekonom Google, Hal Varian, 10 tahun mendatang profesi ahli data statistik tak hanya amat dibutuhkan, tapi juga terlihat 'seksi'.

Pakar Keamanan Cyber (Cyber Security Specialist)
Data elektronik telah menjadi bagian integral dalam melakukan bisnis, sehingga tak menutup kemungkinan jumlah peretas pun bertambah. Penjahat cyber mencoba mencuri rahasia militer atau mengambil alih identitas masyarakat, untuk kepentingan mereka. Sayangnya, Pusat Studi Strategis dan Internasional Amerika Serikat melaporkan bahwa hanya ada 1.000 spesialis terlatih di lapangan, padahal kebutuhan di dunia maya antara 10 ribu dan 30 ribu.

Teknik Biomedis
Bidang teknik biomedis memainkan peran integral dalam kemajuan dunia medis, seperti teknik pencitraan baru dan organ buatan. Peluang untuk profesi ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 72 persen pada tahun 2018. Diperlukan seseorang dengan gairah yang besar pada ilmu sains untuk menekuni bidang biomedis.

Professional Sustainability
Banyak perusahaan berusaha agar lingkungan mereka tetap hijau, yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial mereka. Professional Sustainability bertanggung jawab untuk mengawasi lingkungan, termasuk daur ulang dan pengawasan iklim. Perusahaan minuman raksasa Coca Cola pertama kali menunjuk seseorang untuk menempati jabatan ini pada tahun 2011.

Bidang Kesehatan dan Perawatan
Berkat populasi yang meningkat dan minat yang besar pada gaya hidup sehat, penyedia jasa di bidang kesehatan dan perawatan akan mengalami permintaan yang lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Biro Statistik Tenaga Kerja di AS memperkirakan permintaan pada profesi tersebut akan tumbuh sekitar 70 persen pada tahun 2020.

Konselor Genetik
Meskipun harga untuk pengujian dan analisis DNA masih cukup tinggi, namun perlahan-lahan sampai pada titik di mana lebih banyak orang mampu membelinya. Ini membuka pintu bagi konselor genetik untuk membantu orang memutuskan apa yang harus dilakukan dengan informasi tersebut, terutama jika ada keputusan sulit yang harus dilakukan.

Ahli gizi
Epidemi obesitas dari tahun ke tahun tidak menunjukkan penurunan. Sebagai contoh di Amerika Serikat, jumlah warganya yang mengalami kegemukan terus meningkat, hingga kini mencapai angka lebih dari 32 persen pada orang dewasa, yang mulai menyebar pada anak-anak. Ini adalah peluang bagi ahli gizi untuk berperan memperbaiki situasi tersebut.

Arsitek Bersertifikat Ramah Lingkungan
Di masa depan, banyak orang ingin membangun rumah mereka menjadi ramah lingkungan. Di Amerika dikenal istilah arsitek bersertifikat LEED (The Leadership in Energy and Environmental Design), di Jepang ada CASBEE (Comprehensive Assessment System for Building Environmental Efficiency), dan di Australia ada Green Star. Sertifikat ini mengukuhkan keahlian bagi pemegangnya untuk membuat bangunan yang tak hanya elok, kuat, dan fungsional, tapi juga ramah lingkungan, sebagai bagian dari upaya melestarikan bumi.

Dokter hewan dan agen asuransi hewan peliharaan
Sepuluh tahun lalu, orang yang mencemooh ide asuransi hewan peliharaan adalah yang sekarang membelinya. Seiring dengan bertambahnya kesadaran untuk mencintai hewan sebagai sesama makhluk, profesi dokter hewan dan agen asuransi hewan peliharaan menjadi salah satu yang dibutuhkan di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya