Tanpa Disadari, Hal Kecil Ini Rentan Picu Katarak

Ilustrasi penderita mata katarak
Sumber :
  • Pixabay/karosieben

VIVA – Tak ada penyebab pasti pada penyakit katarak. Namun, pemicu dari katarak sendiri sangat beragam dan bisa berasal dari aktivitas-aktivitas kecil yang dilakukan sehari-hari.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Pada mereka yang mengalami katarak sejak lahir, bisa disebabkan oleh genetik kedua orangtuanya. Sementara itu, penyakit katarak yang timbul di usia tua, bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaannya dalam keseharian.

Berikut tim VIVA rangkum faktor pemicu penyakit Katarak oleh spesialis mata sekaligus Kepala Departemen Mata RSPAD Jendral Gatot Soebroto, Kolonel dr. Subandono Bambang Indrasto, SpM, MM,.

Ancaman Kebutaan Mengintai! 111,8 Juta Penduduk Indonesia Berisiko Glaukoma di Tahun 2040

Anak Berkacamata

1. Gizi

BNI-Kemenkes Berikan Bantuan Peralatan untuk RS Apung doctorSHARE

Dipaparkan Bambang, gizi di masa lalu berdampak besar pada kekuatan mata dalam mencegah katarak. Ia menerangkan, konsumsi makanan tinggi antioksidan sangat berpengaruh untuk mencegah kerusakan lensa mata dan meminimalisir kerusakan karena katarak.

"Mungkin ada seseorang di masa lalu yang kurang mampu sehingga jarang makan buah dan sayur yang tinggi antioksidan. Sehingga radikal bebas di alam dapat cepat masuk dan merusak lensa," kata dia.

2. Paparan sinar UV

Indonesia merupakan negara tropis yang terkena paparan sinar matahari sangat banyak, khususnya di wilayah Indonesia Timur di pesisir pantainya. Sayang, banyak orang tak menyadari bahaya bermain di pantai saat sinar UV menusuk ke arah lensa mata.

3. Diabetes melitus

Bambang menjelaskan, bahwa mata memiliki pembungkus kapsul lensa yang berfungsi menyeleksi partikel yang boleh masuk ke dalam mata. Biasanya, partikel yang baik harus disaring seperti berasal dari makanan yang tinggi vitamin.

"Saat DM, fungsi tersebut dirusak secara perlahan. Maka, komposisi partikel yang masuk ke mata menjadi kurang selektif dan memicu kerentanan katarak," ujarnya.

4. Penyakit lain

Beberapa penyakit lain turut memberi kerentanan pada penyakit katarak seperti minus tinggi pada mata serta asma. Di mana, keduanya berpotensi lebih besar alami katarak.

"Minus tinggi dalam waktu lama berpotensi memicu katarak. Sama halnya dengan pengidap asma yang harus konsumsi obat kortikosteroid, yang mana jenis obat itu memicu katarak." (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya