Kenali Kualitas Minyak Lewat Warna dan Aroma, Ini Tipsnya

ilustrasi minyak goreng.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Ada minyak dari kelapa sawit, ada minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jagung, minyak canola. Beragam jenis minyak sekarang beredar di pasaran. Anda bingung memilih mana yang paling baik untuk memasak, dan apa manfaat dari masing-masing minyak itu?

Kecelakaan Truk Sawit di Tol Belmera: Sopir Tewas, Minyak Dijarah Warga

Setidaknya Anda perlu tahu pertimbangan dasar dalam memilih minyak goreng. Apa saja? Mari kita simak pernyataan ahli berikut ini.

"Menggoreng adalah proses transformasi dari mentah menjadi matang. Kita bisa lihat dari warna menarik, krispi (hasil gorengan), baik aroma dan baik rasanya. Untuk menggoreng, minyak yang ideal itu komposisinya seimbang antara minyak jenuh dan enggak jenuh, minyak yang baik juga memiliki omega 3," ungkap Head of Marketing PT Salin Ivomas Pratama Tbk, Surya Dharmanto dalam acara #ICOOKLIKETHIS di Indofood Tower, Selasa, 24 April 2018.

Tantangan Masa Depan Industri Kelapa Sawit Indonesia yang Berkelanjutan

Celebrity chef, Steby Rafael, menyebut beberapa jenis minyak yang baik dan aman digunakan sehari-hari, yaitu minyak sawit, minyak jagung, salad oil, dan canola oil.

"Tapi kembali lagi soal harga dan ketersediaan, dan yang umum dipakai di Asia Tenggara memang minyak sawit," jelas dia.

Elite Golkar Sebut Airlangga Beri Contoh Baik karena Kooperatif Diperiksa Kejaksaan Agung

Kemudian, jika kembali dibandingkan antara minyak kelapa dengan minyak sawit, minyak sawit jauh lebih sehat dibandingkan dengan minyak kelapa.

"Minyak kelapa itu enak banget dia punya rasa gurihnya, tapi tingkat lemak jenuhnya tinggi banget. Minyak sawit sekitar 39-40 persen kalau minyak kelapa bisa sampai 80 persen itu LDL-nya sendiri," jelas dia.

Minyak kelapa.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Minyak kelapa digunakan sebagai obat atasiberbagai penyakit dan kondisi. Minyak kelapa terbuat dari buah kelapa yang dipanen dalam keadaan hijau karena tidak bisa dipetik

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024