8 Tanda Depresi yang Tak Disadari

Ilustrasi skizofrenia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tubuh selalu memiliki cara untuk berbicara pada pemiliknya. Sayangnya di tengah kesibukan, orang seringkali abai dengan alarm yang coba dinyalakan oleh tubuh. 

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Dilansir Bright Side, beberapa tanda bisa digunakan untuk mengetahui bahwa tubuh tengah mengalami depresi tanpa disadari. Dan sudah seharusnya bila mengalaminya untuk bertemu dengan seorang dokter guna mengatasinya.

Berikut delapan tanda Anda sudah mengalami gejala depresi.

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Merasa lelah dan terpuruk

Mata lelah.Gejalanya kurang berenergi selama beberapa hari berturut, meski rutinitas harian tidak berubah banyak. Merasa lelah begitu bangun

Depresi, Anggota Kostrad Diduga Tusuk Diri Sendiri di Kemayoran

Merasa tak berarti dan tak layak hidup

Mulai percaya bahwa diri tidak berguna, berpikir untuk bunuh diri, tidak lagi takut akan kematian karena merasa tidak ada gunanya hidup. 

Masalah konsentrasi dan daya ingat

Mulai melupakan hal penting dan tidak bisa mengingat nama atau nomor telepon dengan mudah. Mendengar seseorang atau membaca buku juga menjadi tantangan, karena tidak bisa fokus pada apa yang sedang terjadi. 

Masalah tidur

Ilustrasi insomnia.

Entah insomnia atau justu jam tidur lebih lama. Bahkan setelah tidur sepanjang malam masih merasa ingin tidur. Tidak punya energi dan merasa seakan bisa menghabiskan waktu seharian di ranjang. 

Perubahan berat badan

Tiba-tiba saja berat badan naik atau justru turun. Memiliki selera makan sangat besar, dan merasa lapar entah seberapa banyak pun makan. Atau justru merasa tidak lapar sama sekali. 

Tak ada yang membuat senang

Merasa lelah, bosan dan tidak ada hasrat untuk melakukan hobi atau bertemu teman. 

Mood turun

Ilustrasi bersedih saat ditimpa ujian.

Terus menerus merasa sedih, terluka dan tak bisa menemukan alasan kenapa merasa seperti itu. 

Kesehatan memburuk

Mulai merasa nyeri atau terluka, yang paling umum adalah di bagian punggung, dan mungkin juga mengalami masalah di saluran cerna. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya