Perempuan Lebih Rentan Skoliosis, Begini Cara Deteksi Dini

Ilustrasi tulang punggung.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA – Skoliosis atau kelainan tulang belakang yang berupa kelengkungan, mungkin masih terdengar awam bagi masyarakat. Padahal, menurut Dr. dr. Ninis Sri Prasetyowati, SpFKR, angka penderita skoliosis makin meningkat yaitu sekitar 3 persen di dunia, dan di Indonesia jumlahnya mencapai 4-5 persen.

Waspada, Pegal Bisa Jadi Gejala Utama Skoliosis

"Skoliosis dapat terjadi karena faktor genetik, kelainan kongenital atau bawaan lahir, kelainan pembentukan tulang atau neurologis, dan kebiasaan dalam membawa barang berat," ujar Ninis di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa, 17 Juli 2018.

Skoliosis bisa terjadi pada anak-anak dan dewasa. Skoliosis bisa terjadi sejak balita usia 0-3 tahun, hingga usia di atas 19 tahun. Jika dilihat dari jenis kelamin, skoliosis lebih banyak terjadi pada perempuan.

Fuji Alami Tulang Bengkok, Thariq Halilintar Kirim Buket Sushi dan Kartu Ucapan Romantis

Menurut fisioterapis Klinik Scoliosis Care Nistriani T. P Kusaly, Sst, Ft, berdasarkan penelitian, perempuan lebih berisiko skoliosis karena perempuan memiliki jumlah otot yang lebih sedikit dibanding laki-laki.

"Otot perempuan juga lebih lemah dibanding laki-laki. Jadi ketika tulang bengkok, otomatis otot akan ikut karena tidak ada pertahanan," kata Nistriani.

Terpopuler: Influencer Meninggal Gegara Diet Buah Nangka, Efek Menelan Sperma Bagi Ibu Hamil

Meski demikian, skoliosis pada perempuan juga mudah dikoreksi karena otot yang lemah tadi. Otot yang lemah itu mudah terbawa saat tulang diluruskan.

Karena rentannya perempuan mengalami skoliosis, maka sangat dianjurkan agar melakukan deteksi dini secara akurat. Deteksi dini, kata Ninis, bisa dilakukan dengan cara mengecek dari belakang apakah adanya tonjolan pada tulang bahu, pinggang, dan pinggul yang memiliki kurva tidak seharusnya.

Sarwendah

Sederet Selebriti Idap Skoliosis, Terbaru Ada Sarwendah

Kondisi skoliosis ini bisa menyerang siapa saja, termasuk sejumlah selebriti Tanah Air. Mungkin tidak banyak yang tahu, jika nama selebriti berikut ini sedang mengidapnya

img_title
VIVA.co.id
18 September 2023