Makan Melati Seperti Suzzanna, Adakah Manfaatnya?

Melati
Sumber :
  • Pixabay/ Congerdesign

VIVA – Siapa tidak kenal dengan almarhum aktris Suzzanna, perempuan yang kerap membintangi sejumlah film horor tanah air ini kepiawannya dalam berperan sebagai sosok hantu sudah tidak diragukan. Ia membuat namanya menjadi ikon tersendiri bagi film horor Indonesia.

5 Potret Luna Maya Menjelma jadi Suzzanna, Seram Tapi Cantik

Bahkan saking melegendanya, sebuah film Suzzanna yang berjudul 'Bernafas Dalam Kubur' akan diremake dengan dibintangi oleh Luna Maya.

Usut punya usut, semasa hidup sendiri Suzzanna kerap memakan kembang melati dalam kesehariannya. Hal ini dipercaya beberapa orang sebagai ritual bagi Ratu Film Horror Indonesia ini.

Momen Manis Luna Maya Kunjungi Penonton Film Suzzanna yang Berusia 101 Tahun

Pertanyannya kemudian, adakah kandungan bahan khusus di dalam melati yang bermanfaat bagi tubuh manusia?

"Melati kalau dilihat komponennya hanya berisi dari turunan alkohol, sehingga dari aspek gizi tidak ada yang diharapkan dari melati," ungkap Guru besar di bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS saat dihubungi VIVA, Senin 15 Oktober 2018.

Merinding, Cerita Luna Maya Diketawain Kuntilanak Saat Perankan Sundel Bolong di Film Suzanna

Ia menjelaskan turunan senyawa alkohol inilah yang menciptakan aroma sedap dari kembang melati. Sehingga kembang melati lebih cenderung dibuat sebagai parfum, aroma terapi, atau campuran teh sebagai pewanginya.

"Jadi dari aspek nutrisi paling hanya serat,  karena pada dasarnya tumbuhan itu bahan yang mengandung serat. Maka serat yang barangkali terkandung dalam melati," kata dia.

Namun yang juga penting diperhatikan jika ingin mengonsumsi melati ialah cara mengolahnya. Mereka yang langsung mengonsumsi melati secara utuh rentan terkontaminasi mikroba dan juga pestisida.

"Jadi itu yang harus diperhatikan, mungkin akan terkontaminasi itu tadi. Kalau gizi hampir tidak ada, kecuali serat tad. Paling hanya aronanya saja, makanya itu yang dimanfaatkan manusia karena harumnya enak,"kata dia.(ZO)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya