Sering Bepergian Tapi Punya Penyakit Susah Tahan Pipis, Ini Solusinya

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Buang air kecil secara teratur dan konsisten ialah hal yang dianjurkan kepada semua orang. Namun beberapa di antara kita mungkin seringkali bolak-balik wc karena sulit menahan buang air kecil.

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Hal ini tentunya sangatlah mengganggu. Terutama saat tengah bepergian jarak jauh. Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa banyak orang dengan inkontinensia urine cenderung menghindar dari kegiatan yang sebelumnya mereka nikmati dan menjadi terisolasi secara sosial karena masalah mereka.

Nah, bagi Anda yang punya masalah sulit menahan kemih, tapi sangat ingin bepergian, jangan khawatir. Berikut ini tips berpergian bagi mereka yang suka berkemih.

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

1. Rencanakan rute dengan baik

Baik bepergian dengan mobil atau pesawat udara, rencanakan rute atau pesan tempat duduk terlebih dahulu untuk memastikan akses mudah ke kamar kecil. Mencoba membatasi aliran kemih dapat memicu kandung kemih dan kadang-kadang menyebabkan infeksi saluran kemih.

7 Insiden di 2024 Hanteo Music Awards, Penonton BAB hingga Berhubungan Seks

Karena itu penting untuk merencanakan pemberhentian di toilet dalam perjalanan jika bepergian dengan mobil. Jika Anda bepergian dengan pesawat, cobalah untuk mengatur tempat duduk prioritas jika khawatir harus berdiri dalam antrean dan tidak bisa pergi ke toilet untuk sementara waktu.

2. Temui dokter

Jika Anda merencanakan perjalanan untuk tahun depan, sekarang adalah waktunya untuk mengambil tindakan dan mencari saran medis. Diperlukan waktu beberapa bulan untuk menemukan rejimen pengobatan yang tepat untuk Anda, atau untuk latihan panggul untuk meredakan kemih yang terlalu sering. Anda juga bisa mulai minum obat untuk membantu mengendalikan kandung kemih yang terlalu aktif atau mendorong inkontinensia.

3. Pilih pakaian yang tepat

Kenakan pakaian penyerap berwarna gelap yang tidak akan menunjukkan kebocoran dan tidak akan menimbulkan bau, jika sesuatu terjadi. Pilihlah pakaian yang mudah dicuci dan juga dipakai. Bawalah barang-barang lengkap dengan satu set pakaian cadangan dan persediaan inkontinensia urine seperti bantalan penyerap.

4. Rencanakan asupan cairan

Merencanakan asupan sangat penting untuk mengurangi keinginan buang air kecil yang sering namun juga untuk menghindari dehidrasi. Bawalah selalu air putih, karena ini akan menghidrasi Anda lebih baik daripada minuman lain dan tidak akan mengiritasi kandung kemih.

5. Hindari pemicu

Beberapa makanan dan minuman beralkohol dapat menyebabkan kebocoran dengan mengiritasi kandung kemih. Ini termasuk makanan pedas, banyak diproses atau manis, dan jus jeruk. Pilihlah camilan dengan bijak  perjalanan Anda. Mulai kurangi konsumsi kafein ketika hendak bepergian. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya