Taoge, Kecambah Murah yang Bisa Menangkal Kanker

Ilustrasi taoge.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Kecambah atau taoge sering digunakan sebagai bahan makanan terutama di benua Asia. Taoge digolongkan sebagai sayur-sayuran dan memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Selain gizinya, taoge juga digemari karena budidayanya yang mudah dan harganya yang murah. Taoge adalah sebutan untuk tumbuhan kacang hijau yang masih muda atau kecambah.Taoge memiliki bentuk yang beragam, ada yang panjang dan ada yang pendek. Namun, ciri khasnya adalah memiliki kepala di salah satu ujungnya.

Kata taoge adalah serapan dari dialek Hokkian, douya, yang artinya kecambah kacang-kacangan.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Walaupun kecil, taoge mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jenis vitamin yang banyak terdapat dalam taoge adalah vitamin E. Selain itu ada juga vitamin A, C, dan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Kandungan inilah yang membuat taoge menjadi salah satu bahan makanan dengan kemampuan menangkal pertumbuhan sel kanker. Taoge juga mampu menurunkan kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung dan saraf.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Sayangnya taoge juga dianggap sebagai bahan makanan yang rentan dihinggapi bakteri, sehingga bisa memicu penyakit seperti sakit perut dan diare. Lantas bagaimana caranya mengolah taoge dengan aman dan mendapatkan segala manfaatnya secara optimal?

Cari tahu mengenai seluk beluk taoge dalam program AYO HIDUP SEHAT di tvOne bersama dr. Juwalita Surapsari, SpGK pukul 13.00-14.00. Selengkapnya, Anda juga menyaksikan live streaming di tautan ini. (nsa)

Ilustrasi kanker serviks.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit kanker dan infeksi virus.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024