Sudah Sembuh, Ini Pengakuan Orang Pertama yang Positif COVID-19

Penampakan Kota Wuhan, China, setelah wabah Virus Corona menyebar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Seorang penjual udang di pasar basah Wuhan, China, yang terkenal dan diyakini sebagai asal virus corona atau COVID-19, berhasil diidentifikasi. Wanita 57 tahun bernama Wei Guixian, dan merupakan orang pertama yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Menurut laporan The Paper, ia merasakan gejala kedinginan setelah menggunakan toilet di pasar tersebut. Setelah merasa sakit, ia berobat ke klinik setempat kemudian kembali bekerja.

"Setiap musim dingin, saya selalu menderita flu. Jadi saya pikir itu flu. Aku merasa sedikit lelah, tetapi tidak selelah tahun-tahun sebelumnya," ujarnya, dikutip dari Daily Star, Sabtu 28 Maret 2020.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Guixian memeriksakan diri ke klinik pada 11 Desember 2019, dan mendapat suntikan. Namun, keadaannya tidak membaik, akhirnya ia memutuskan untuk berobat lagi ke Rumah Sakit Eleventh. Dia mengatakan, dokter di sana tidak menemukan ada yang salah pada dirinya, sehingga Guixian hanya diberi pil.

"Pada saat itu saya merasa jauh lebih buruk dan sangat tidak nyaman. Saya tidak memiliki kekuatan atau energi,"tuturnya.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

Dalam sebuah wawancara, seorang dokter hanya menggambarkan 'kejam' untuk penyakit yang ia derita. Akhirnya, wanita tua itu dinyatakan sembuh dan meninggalkan rumah sakit pada Januari 2020 lalu.

Dia percaya, virus itu berasal dari toilet di pasar, yang juga menularkan pada salah satu putri, keponakan dan juga suaminya.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023