Antioksidan Dalam Buah Pisang Ampuh Jaga Imunitas

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/DorianKrauss

VIVA –Pisang kerap menjadi buah favorit banyak orang lantaran rasanya yang manis dan mudah dikonsumsi. Tak hanya itu, buah yang identik dengan warna kuning ini terbukti menyehatkan, lho.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Tekstur buah pisang yang lembut membuatnya banyak disukai mulai dari kelompok balita, dewasa, hingga usia lanjut. Mengonsumsi buah pisang secara rutin memiliki kebaikan bagi tubuh untuk meningkatkan kadar antioksidan.

"Pisang mengandung antioksidan. Antioksidan akan tangkal radikal bebas. Radikal bebas itu yang merusak sel tubuh, jadi kalau radikal bebas ditekan otomatis daya tahan tubuh membaik," ujar dokter spesialis gizi, dr. Samuel Oetoro, SpGK., dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Rabu 22 Juli 2020.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Baca Juga: Mewahnya Rumah Dewi Perssik Rp30 M, Ada Lift dan Kolam Renang

Meski begitu, dokter Sam mengatakan dalam mengonsumsi buah pisang harus sambil memantau kadar gula darah lantaran kandungan gulanya cukup tinggi. Ia menyarankan agar mengonsumsi pisang dengan kulit yang sedikit kehijauan agar kadar gula tak terlalu tinggi

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Jangan makan yang sudah kuning apalagi ada bercak-bercak hitam, itu terlalu matang. Makan yang kulitnya masih hijau kekuningan," paparnya.

Namun, kadar antioksidan tak hanya didapat dari pisang tapi juga jenis buah lain dengan beragam warna. Asupan buah juga harus disertai porsi sayur yang mencukupi dalam sehari.

"Sayuran hijau mengandung klorofil yang tangkal radikal bebas. Radikal bebas ini bakal rusak sistem imun, makanya tangkal dengan 3 porsi sayur dan 5 porsi buah dalam sehari," jelas dia.

Baca Juga: "Super Jorok" 5 Nama Menu Tradisional Ini Gak Kalah Heboh dari Klepon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya