"Super Jorok" 5 Nama Menu Tradisional Ini Gak Kalah Heboh dari Klepon

Kue ape.
Kue ape.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA – Nama kue klepon, kini tengah naik daun. Nama kue tradisional yang sebelumnya enggak terlalu familiar di kota Metropolitan ini, mendadak viral lantaran disebut klepon tidak Islami

Hal ini berawal dari sebuah cuitan seorang pengguna Twitter, yang menyebut bahwa kue berwarna hijau yang identik dengan taburan kelapa parut itu dinilai tidak Islami dibanding kurma. Bahkan, unggahan itu turut menyarankan untuk mulai meninggalkan kue klepon. 

Nah, selain klepon, masih ada beberapa kue tradisional lain yang enggak kalah kontroversial, karena namanya. Dihimpun VIVA dari berbagai sumber, yuk intip nama-nama kue tradisional yang nyeleneh dan unik. Eits, otaknya jangan ngeres ya. 

Memek

Memek, kuliner khas Simeulue.

Kudapan satu ini berasal dari Aceh. Bahkan kue ini juga diusulkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) lho. Nama asli memek sendiri ialah mamemek yang artinya menguyah atau menggigit. Bahan dasar pembuatan kue ini berasal dari beras ketan putih yang digongseng, pisang, santan dan gula. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan ditumbuk menggunakan batang pisang atau bahan yang keras sampai benar-benar halus.

Baca Juga: Mewahnya Rumah Dewi Perssik Rp30 M, Ada Lift dan Kolam Renang

Halaman Selanjutnya
img_title