Wajib Coba, 4 Langkah Mudah Totok Wajah Atasi Mata Lelah

Wanita totok wajah.
Sumber :
  • http://informasi212.blogspot.co.id

VIVA – Totok wajah dan tubuh sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu pengobatan tradisional Tiongkok. Terapi ini dipercaya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan dapat membantu mengobati penyakit termasuk mata lelah.

Jalanan di China Selatan Ambruk dan Longsor, 36 Orang Tewas

Meski beraktivitas di rumah saat pandemi COVID-19, tentu mata tetap harus bekerja dan hal itu memicu rasa lelah. Untuk itu, totok wajah bisa menjadi jawaban mudah dan praktis dalam mengatasi mata lelah.

"Untuk bantu mata lelah bisa. Totok wajah bisa lancarkan aliran darah sehingga (mata) lebih rileks. Juga bantu melancarkan aliran darah termasuk ke seluruh tubuh," kata Dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, SpAk, dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 7 September 2020.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Berikut 4 langkah mudah mengatasi mata lelah dengan totok wajah:

4 titik
Totok melibatkan penekanan di titik-titik tertentu pada tubuh Anda menggunakan ujung jari. Beberapa titik tekan tersebut tersebar di wajah maupun bagian tubuh lain.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

"Titiknya ada di hidung bagian atas antara mata, atas kedua alis, bawah tulang pipi dekat cuping hidung, dan kanan-kiri pelipis," kata Kemas.

Tekanan tepat
Totok atau acupressure sering disebut juga sebagai akupuntur tanpa menggunakan jarum. Untuk melakukannya, cukup menekan dengan jari.

"Besar tekanannya dilihat dari sepertiga ujung kuku yang berubah warnanya dari pink ke putih. Ditekan sambil diputar melingkar," tuturnya.

Durasi pas
Selain tekanan, melakukan totok wajah butuh durasi tepat. Jika terlalu lama atau cepat, dapat berpengaruh pada proses kesembuhan mata lelah. 

"Sehari sekali sekitar 5-15 menit. Durasinya pada 1 titik yaitu 5 kali putaran," terang Kemas. 

Momen ideal
Meski bukan hal yang wajib dilakukan, tetapi totok wajah sangat bermanfaat bagi kenyaman raga dan psikis.

Maka dari itu, totok wajah bisa dilakukan saat sebelum mandi dengan mencuci tangan, lalu memberikan lotion pada wajah agar licin lalu tekan dan putar. Setelah itu, cuci muka hingga bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya