Tetap Glowing, Ini Bahan Skincare Aman Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil.
Ibu hamil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Keluhan akibat perubahan kulit saat hamil kerap dialami oleh sebagian besar wanita mulai dari kulit kusam, kering, hingga berjerawat. Terlebih, para ibu hamil cenderung enggan memakai perawatan kulit lantaran khawatir dapat membahayakan janin.

Dituturkan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, dr. Suksmagita Pratidina, Sp. KK, pada dasarnya kulit ibu hamil bisa berubah menjadi lebih sensitif. Hal ini membuat para ibu hamil harus tetap menjalani perawatan kulit sederhana, efektif tapi aman bagi ibu dan janin.

"Prinsipnya adalah cleansing, mosturizing, dan protecting. Pemilihan sabun untuk cleansing disarankan tanpa scrub dan parfum karena kulit ibu hamil sangat sensitif," paparnya dalam acara virtual bersama RS Pondok Indah, Rabu 11 November 2020.

Baca juga: Mandi Malam Disebut Picu Rematik, Ini Kata Dokter

Menurut dokter yang praktik di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya ini, pilihan mosturizer juga disarankan yang aman dengan kandungan hyalurinic acid, ceramides, dan peptides. Nah, ibu hamil turut membutuhkan pelembab dengan kandungan yang mampu mencerahkan wajah biar tetap glowing.

"Warna kulit kecokelatan juga mudah lebih gelap saat hamil sehingga bisa pakai pencerah asal aman. Seperti yang mengandung niacinamid, azaleic acid, arbutin, licorice, kojic acid," kata dokter Suksma.

Antioksidan pun baik untuk kebutuhan harian para ibu hamil seperti kandungan vitamin C, vitamin E, serta Ferulic acid. Sementara, kulit ibu hamil pun butuh dieksfoliasi lantaran regenerasi kulit saat hamil cenderung lebih lambat. Kandungan AHA dengan bahan lactic dan glycolic menjadi yang paling aman dan efektif bagi ibu hamil.