Bahaya Cuci Ayam Sebelum Dimasak, Picu Diare Hingga Keracunan

Daging ayam.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA – Ayam mentah berisiko bagi kesehatan karena sering terkontaminasi bakteri. Hal ini membuat sebagian besar ibu rumah tangga mencucinya sebelum diolah menjadi hidangan lezat. Padahal, itu berbahaya, lho!

5 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Tangan Pemiliknya

Makan ayam mentah atau setengah matang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan dari bakteri yang hinggap di permukaannya. Karena kaitannya dengan bakteri dan racunan">keracunan makanan, Anda mungkin merasa perlu untuk mencuci ayam mentah di bawah keran sebelum memasaknya.

Tapi bolehkah untuk mencuci ayam, dan apakah ini cara terbaik untuk mencegah salmonella atau campylobacter. Bisakah kita mencuci ayam dengan air?Jawabannya, tidak. Anda tidak boleh mencuci ayam sebelum dimasak karena ini dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Diduga Keracunan, Satu Keluarga Ditemukan Tewas Didalam Mobil

Menurut laman NHS, percikan air dari mencuci ayam di bawah keran dapat menyebarkan bakteri ke tangan, permukaan meja, pakaian, dan peralatan memasak.

Membersihkan area setelah mencuci ayam juga tidak akan menyelamatkan Anda lantaran tetesan air dapat bergerak lebih dari 50cm ke segala arah, jadi Anda pasti melewatkan beberapa tempat. Terlebih, hanya beberapa sel campylobacter yang dibutuhkan untuk menyebabkan keracunan makanan.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

Diketahui, campylobacter adalah penyebab paling umum dari keracunan makanan dan biasanya ditemukan pada daging yang kurang matang (terutama unggas), susu yang tidak dipasteurisasi, dan air yang tidak diolah.

Keracunan Campylobacter dapat menyebabkan muntah, diare, kram perut, demam, dan perasaan tidak enak badan secara umum.

Gejala biasanya akan mulai dalam beberapa hari setelah makan makanan yang terkontaminasi, tetapi Anda mungkin merasa sakit hanya beberapa jam setelah memakannya. Sehingga, mencuci ayam hanyalah salah satu cara untuk meningkatkan risiko terkena keracunan campylobacter.

Dikutip dari laman Express UK, Anda harus memahami dengan tepat bagaimana mencegah keracunan campylobacter ketika harus menyimpan, menyiapkan dan memakan ayam. Hal paling utama, selalu tutupi ayam mentah dan simpan di bagian bawah lemari es yang paling dingin dan di mana tidak ada kemungkinan dapat menetes ke makanan lain dan mencemari mereka.

Ingat, jangan pernah mencuci ayam mentah, tetapi selalu cuci dan bersihkan peralatan, talenan, dan permukaan yang digunakan usai menyiapkan ayam mentah. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan sabun dan air setelah memegang ayam mentah untuk mencegah penyebaran sel campylobacter.

Jangan pernah meninggalkan ayam mentah di tempat terbuka terlalu lama dan selalu makan sebelum masa kadaluwarsa. Pastikan ayam masih mengepul panas sebelum disajikan.

"Potonglah bagian daging yang paling tebal untuk memeriksa apakah masih mengepul panas tanpa daging berwarna merah muda dan cairannya menjadi jernih," tulis laman Express UK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya