Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

AC mobil (Ilustrasi).
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, 2 April 2024 –  Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa tips mencegah terjadinya keracunan AC saat berada di mobil.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Sebelumnya diberitakan satu keluarga asal Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, keracunan AC mobil saat dalam perjalanan di Tol Indralaya-Prabumulih pada Minggu 24 Maret 2024.

Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir, AKP Muhammad Ilham mengatakan, kasus keracunan AC mobil tersebut berawal saat satu keluarga yang terdiri dari delapan orang itu hendak mudik ke Bandung, Jawa Barat.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Selama perjalanan, hal tak wajar terjadi saat mereka memasuki Tol Indralaya-Prabumulih, tepatnya di Kilometer 33 arah Indralaya dengan penumpang mencium bau tidak sedap di dalam mobil.

Tapi perjalanan tetap dilanjutkan, ketika semakin menyengat hingga sopir akhirnya memutuskan untuk menghentikan kendaraan di bahu jalan. Kemudian para penumpang yang diperiksa polisi mengaku tidak ingat apa-apa. Ketika sadar, dirinya sudah berada di rumah sakit.

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Satu keluarga asal Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, keracunan udara Air Conditioner (AC) mobil saat melaju di Tol Indralaya-Prabumulih pada Minggu 24 Meret 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Tips Mencegah Keracunan AC

Lalu apa yang membuat bisa jadi keracunan? Seperti dikutip dari situs resmi Suzuki, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah kebocoran yang menjalar ke dalam kabin dan terhirup oleh pengguna mobil dalam kondisi sedang beristirahat.

Jika gas buang terhirup ke paru-paru, maka kematian akan terjadi seketika. Menurunnya kadar oksigen dalam kabin menyebabkan pengendara sulit bernapas dan menghirup karbon monoksida.

Jamur di Kaca Mobil

Photo :

Bisa-bisa kehilangan kesadaran karena gas monoksida sudah mengalir dalam darah sehingga aliran oksigen ke otak akan berhenti. Tips yang disarankan ketika beristirahat dalam mobil adalah, sebaiknya beristirahat dengan kondisi mesin dimatikan dan selurah kaca dibuka.

Hindari beristirahat ketika mobil diparkir di basement karena memiliki risiko berbahaya pula. Usahakan untuk mencari tempat sejuk, contohnya parkir di bawah pohon rindang yang memiliki banyak unsur oksigen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya