Studi: Bagian Tubuh Ini Dapat Menentukan Apakah Tertular COVID-19

Ilustrasi anjing dan pemiliknya
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hingga saat ini usapan hidung dan mulut menjadi alat tes paling umum untuk COVID-19, tetapi masih ada bagian tubuh lain yang dapat menentukan apakah Anda tertular virus corona baru. Menurut sebuah penelitian baru, anjing mungkin dapat mengendus COVID-19 di tempat lain di tubuh manusia.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan di PLOS One, dilansir dari Times of India, anjing terlatih dapat mendeteksi virus corona pada manusia dengan mengendus keringat dari ketiak mereka.

Studi ini melibatkan 177 orang, 95 di antaranya adalah kasus gejala COVID-19 dan 82 tidak memiliki gejala dan tidak dites positif. Untuk kategori terakhir, keringat di ketiak mereka diuji oleh enam anjing terlatih. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tiga anjing dilatih untuk mengendus bahan peledak, dua dilatih untuk mendeteksi kanker usus besar dan satu dilatih sebagai anjing penyelamat dan pencari.

Anjing-anjing ini dilatih untuk mendeteksi COVID-19 dengan mencium keringat pasien positif COVID-19 dan kemudian diminta untuk mengendus aroma yang sama dari sekelompok acak pasien positif dan negatif COVID-19. Di antara enam anjing yang dilatih, tingkat akurasi mengendus COVID-19 berkisar antara 76 persen hingga 100 persen.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Berdasarkan temuan ini, penulis penelitian menyimpulkan bahwa "mengeksplorasi kemungkinan menggunakan deteksi penciuman anjing sebagai 'alat' yang cepat, andal, dan murah untuk menyaring orang atau melakukan pemeriksaan cepat dalam keadaan tertentu adalah penting."

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya