Ingin Kurangi Stres dan Lebih Produktif saat WFH? Terapkan 4 Cara Ini

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Lelah dengan gangguan kecemasan dan kegelisahan hidup, banyak orang yang mempelajari metode mindfulness untuk meredakan stres. Mindfulness adalah suatu cara melatih diri untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran dan ketidakberpihakan. 

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Tanpa disadari, kamu mungkin pernah bereaksi terhadap pikiran dan perasaan negatif. Berlatih mindfulness dapat membantumu menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan, serta mengelolanya dengan cara yang lebih positif. 

Untungnya, konsep mindfulness bukan sesuatu yang mengawang-awang. Kamu bisa menerapkannya juga dalam pekerjaan. Berikut ini tips and trick menerapkan mindfulness untuk kerja yang lebih produktif, dikutip dari siaran pers Erafone. 

Masih Oke di Usia 43 Tahun, Wulan Guritno: Aku Jaga Penampilan Bukan Karena Ingin Cantik

Melakukan persiapan sebelum bekerja

Bangun tidur langsung membuka laptop? Bisa-bisa kamu malah lemas karena kondisi otak yang belum sepenuhnya 'bangun'. Mengutip penelitian yang ditulis Insider, mandi setelah bangun tidur membuat perasaan lebih semangat.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Setelah mandi, penuhi nutrisi awal hari dengan sarapan makanan kaya serat dan protein. Supaya kerja jadi lebih konsentrasi, pilih spot ternyaman di rumah dan jangan lupa siapkan peralatan kerja yang dibutuhkan, seperti laptop, notes, atau earphone untuk virtual meeting.

Sediakan waktu membalas pesan

Alih-alih membalas pesan singkat setiap waktu, cobalah untuk menyediakan waktu membalas email ataupun pesan yang masuk di waktu-waktu tertentu. Misalkan, pada waktu pagi hari atau setelah jam makan siang. 

Membuat pesan instan setiap waktu akan membuat kita cepat terdistraksi. Apalagi untuk kamu yang susah banget fokus. Menyediakan waktu untuk membalas semua pesan bisa jadi cara supaya kamu tetap fokus dan produktif.

Tentukan jam istirahat

Enggak hanya waktu kerja, kamu juga harus mengatur jam istirahat dan bermain. Karena otak butuh penyegaran, kamu bisa beristirahat sejenak dengan streaming film atau series favorit. 

Sediakan waktu untuk olahraga

Buat kamu yang pekerjaannya terlalu banyak duduk. Sediakan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga. Kalau bingung ingin olahraga apa di rumah, konten olahraga di internet yang berbayar atau gratis juga banyak. Yuk, sediakan waktu untuk olahraga. Karena mindfulness juga perlu didukung dengan tubuh yang sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya