Manfaat dan Cara Olah Daun Binahong, Bisa Atasi Kadar Gula Darah

Daun binahong
Sumber :
  • https://steemit.com/

VIVA – Daun binahong adalah salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh di lingkungan terutama di taman obat keluarga. Daun binahong juga sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sejak dulu. Tanaman tersebut dipercaya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Jangan Asal Gaya! Hati-Hati Penggunaan Sepatu Carbon Plated Buat Lari

Dokter Ahli Herbal, dr. Dian Elco, M.Si, menjelaskan beberapa manfaat kesehatan dari daun binahong dalam program Hidup Sehat Plus TvOne, Jumat 27 Agustus 2021. Dijelaskan Dian Elco, di Indonesia, daun binahong sering dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan luka. Dengan cara dihaluskan lalu dioleskan pada luka.

"Daun binahong juga dimanfaatkan secara empiris untuk menurunkan kadar gula darah pada orang-orang dengan diabetes melitus. Kemudian daun binahong ini, kata Dian juga digunakan untuk antihipertensi, menurunkan tekanan darah," kata dia.

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Lebih lanjut, dijelaskan Dian, daun binahong memiliki kandungan flavonoid. Hal ini bermanfaat untuk antioksidan, dan juga anti nyeri atau analgesik, anti peradangan. Selain itu, daun binahong juga mengandung saponin, zat yang bermanfaat untuk digunakan sebagai antivirus dan antibakteri.

"Kemudian ada kandungan asam alkanoat, bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan juga anti inflamasi. Asam askorbat pada binahong bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, untuk mengatasi dan menghentikan infeksi," kata dia.

Awas! Bukan Cuma Perih, Minum Obat Ini Bisa Sebabkan Maag hingga Pendarahan di Lambung

Dian memberikan cara untuk mengonsumsi daun binahong untuk mengatasi gula darah pada pasien diabetes melitus. Berikut ini pengolahan daun binahong.

Bahan-bahan:
- 50 gram daun binahong atau sekitar 9-11 lembar daun binahong, cuci bersih
- 2 gelas air

Cara membuat:
- Rebus air lalu masukkan 50 gram daun binahong selama 10-15 menit tutup panci.
- Ambil dan konsumsi daun binahong

"Ada beberapa efek samping, bisa sakit perut mual muntah, rasa pusing, ada sedikit jantung berdebar, dan alergi. bisa dikonsumsi 2 kali pagi dan sore setelah makan. Pemanfaatan untuk diabetes melitus di bawah pantauan dokter atau ahli. dikhawatirkan akan terjadi interaksi dengan obat ketika dikonsumsi sendiri," kata Dian.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, penting bagi kita mencari daun binahong yang tepat. Untuk itu, berikut ini beberapa tips dalam memilih daun binahong yang tepat. Pertama, pilih daun binahong yang tidak terlalu muda, dan juga tidak terlalu tua.

Kedua, pilihlah daun yang tidak busuk dan tidak terganggu hama sehingga kita dapat mendapatkan khasiat yang maksimal. Ketiga, ketika memanfaatkan daun binahong ada beberapa cara bisa menggunakan daun segar, kita ambil 50 gram atau sekitar 9 hingga 11 lembar daun segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya