Terbukti Ampuh, Ini 10 Tips Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Tips menaikkan berat badan tidak mudah dilakukan untuk sebagian orang. Pada umumnya seorang dokter akan merekomendasikan untuk menaikkan berat badan kepada orang-orang yang konsisten di dalam masa tubuh yang terlalu rendah. Karena kondisi tersebut bisa memicu masalah kesehatan, mulai dari gangguan kesuburan, sistem kekebalan tubuh, komplikasi operasi, dan lainnya.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Berat badan yang kurang juga bisa dilihat dari Indeks Massa Tubuh (BMI). Bila BMI kamu kurang dari 18.5 maka tergolong ke dalam kekurangan berat badam. Sementara itu, bila BMI di atas 30 maka kamu tergolong ke dalam obesitas. Sedangkan bila BMI berada di 25 maka dianggap normal. BMI dapat dihitung dengan rumus tertentu, namun kamu bisa menghitungnya dengan kalkulator di internet.

Untuk tips menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat, kamu harus mengonsumsi kalori yang lebih banyak daripada yang dibakar oleh tubuh. idelanya kalori diperoleh dari makan dengan padat nutrisi. Nah, berikut beberapa tips menaikkan berat badan secara sehat yang disadur dari verywellfit.com.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Lalu, Apa Saja Tips Menaikkan Berat Badan?
1. Nikmati Sepotong Roti Gandum dengan Selai Kacang Saat Sarapan

Ilustrasi roti gandum.

Photo :
  • U-Report
Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Mulailah hari kamu dengan sarapan yang lezat dan nikmati satu atau dua potong roti gandum utuh dengan selai kacang, yang padat kalori, tinggi lemak dan protein. Dua sendok makan selai kacang memiliki sekitar 200 kalori. Pilihlah merek selai kacang alami daripada pilihan yang mengandung gula tambahan.

Mentega almond dan jenis mentega kacang lainnya juga merupakan pilihan sehat untuk tips menaikkan berat badan karena mengandung banyak protein dan memiliki banyak lemak sehat. Biji-bijian utuh merupakan sumber serat makanan yang penting. Pilih roti gandum yang memiliki setidaknya 100 kalori per potong. Jika roti mengandung kacang dan biji-bijian, biasanya akan memiliki lebih banyak kalori dan lemak sehat per porsi.

2. Minum Susu, Jus Buah 100 Persen, atau Jus Sayuran

Susu

Photo :
  • Times of India

Cuci mulut kamu setelah roti panggang mentega kacang dengan segelas susu murni untuk tambahan protein, kalsium, dan vitamin D. Jika kamu tidak menyukai susu sapi atau memilih untuk tidak meminumnya, pilihlah alternatif susu berbahan dasar kacang. Ini akan mengandung lebih sedikit kalori, tetapi tetap harus diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang merupakan nutrisi penting untuk tips menaikkan berat badan.

Sepanjang hari, pilihlah jus buah dan sayuran 100 persen yang tidak mengandung aditif seperti gula. Bacalah tabel kandungan gizi dengan cermat untuk memastikan kamu mengonsumsi bahan-bahan asli, karena semakin sedikit bahan yang dicantumkan, semakin baik. Soda manis mungkin menggoda, tapi sarat dengan gula tambahan, yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit kronis

3. Tambahkan Keju Ekstra ke Omelet dan Gunakan Telur Ekstra

Ilustrasi omelet

Photo :
  • Pixabay

Omelet biasanya dibuat dengan dua atau tiga telur, sedikit keju, dan berbagai bahan tambahan, sehingga sudah padat energi. Tambahkan kalori ekstra dengan menggunakan sedikit lebih banyak keju dan telur ekstra di omelet kamu. Tetapi, kamu juga harus mengonsumsi beberapa sayuran sehat seperti bayam, paprika, dan bawang, atau mungkin beberapa jamur dan tomat.

Masak telur omelet dengan satu sendok makan minyak zaitun extra virgin. Ini akan menambah kalori ekstra dan lemak tak jenuh tunggal. Kamu juga bisa menambahkan sedikit susu murni ke dalam campuran telur untuk lebih banyak kalori dan menambahkan krim. Sebagai tambahan, cobalah sepotong roti gandum dengan alpukat untuk mendapatkan lemak sehat dalam dosis besar.

4. Panggang Alpukat dengan Telur

Alpukat.

Photo :
  • helpmystyle.ie

Alpukat dikenal luas sebagai makanan super karena mengandung lemak dan serat yang sehat serta sumber protein yang baik. Keduanya adalah pilihan tepat untuk diet penambah berat badan. Tingkatkan permainan roti panggang alpukat kamu dengan telur goreng atau rebus untuk protein dosis ganda dan kalori tambahan.

5. Iris Sebuah Apel dan Sajikan dengan Selai Kacang

Apel hijau dan merah

Photo :
  • Times of India

Banyak orang tidak cukup makan buah dan sayuran, meskipun kalorinya lebih rendah, kamu tidak boleh menyerah karena mereka juga merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tingkatkan asupan kalori waktu camilan kamu dengan mengoleskan mentega almond, kacang tanah, atau kacang mete pada irisan apel. Kamu akan mendapatkan banyak nutrisi bersama dengan kalori sebagai tips menaikkan berat badan.

6. Tambahkan Kacang, Oat, Buah, dan Madu ke dalam Yogurt

Yogurt

Photo :
  • Istimewa

Konsumsi yogurt dengan porsi besar, ditambah gandum atau granola dan buah kering favorit kamu. Tambahkan sesendok madu, maka kamu akan mendapatkan camilan atau makanan penutup yang lezat dan menyehatkan. Yogurt memiliki bakteri baik yang membantu menjaga usus tetap sehat, dan kacang-kacangan memiliki lemak bermanfaat dan menambah kalori dibutuhkan untuk tips menaikkan berat badan.

7. Makan Porsi Besar Sayuran Berpati Seperti Kentang

Kentang.

Photo :
  • U-Report

Kentang sering mendapat reputasi buruk karena mengandung karbohidrat tinggi, tetapi tubuh kamu membutuhkan karbohidrat untuk energi dan kentang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Tingkatkan kalori dengan menambahkan krim asam atau yogurt dan poin bonus untuk memasak dengan lemak sehat seperti minyak zaitun.

8. Pilih Sup Krim daripada Sup Bening

sup krim buatan sendiri

Photo :
  • ruri-online.blogspot.com

Sup krim lebih tinggi kalori daripada sup berbasis kaldu bening. Semangkuk besar sup krim dan nasi hangat dapat menjadi makanan padat energi yang sangat baik untuk tips menaikkan berat badan. Juga agar sup krim kamu tetap sehat, pilihlah krim brokoli, krim jamur, atau sup berbahan dasar krim sejenis.

9. Tambahkan Saus Keju ke Sayuran Hijau

Sayuran hijau.

Photo :
  • boldsky.com

Sayuran hijau dan berwarna-warni seperti brokoli dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat. Tapi, mereka juga rendah kalori. Tingkatkan asupan energi kamu dengan menambahkan keju atau saus keju ke sayuran hijau favoritmu. Jika kamu tidak menyukai saus keju, pertimbangkan untuk memanggang sayuran dalam minyak zaitun, lalu menaburkannya dengan beberapa biji untuk menambah kerenyahan, serat, protein, dan lemak.

10. Makan Daging Merah dan Pilih Potongan Tanpa Lemak untuk Jantung yang Sehat

Daging merah.

Photo :
  • U-Report

Sementara potongan daging yang lebih berlemak lebih tinggi kalori, mereka juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung bila dikonsumsi secara berlebihan. Jika kamu memilih untuk memasukkan potongan daging merah berlemak ke dalam tips menaikkan berat badan, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Potongan steak tanpa lemak atau daging sapi tanpa lemak, adalah pilihan bagus yang masih mengandung banyak nutrisi untuk fungsi tubuh yang optimal. Jika kamu tidak makan daging merah, kamu juga bisa mendapatkan protein dari ayam, ikan, dan bahkan sumber nabati seperti pengganti daging dan kacang-kacangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya