Ini Makanan yang Bikin Asam Urat Tinggi

Ilustrasi asam urat.
Ilustrasi asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Asam urat adalah produk sampingan yang dibuat ketika tubuh mencerna makanan yang mengandung purin. Purin adalah senyawa non-esensial—artinya dapat diproduksi oleh tubuh dan juga dapat dikonsumsi dalam makanan.

Mengelola kadar asam urat adalah topik penting bagi individu yang memiliki faktor risiko asam urat karena kadar asam urat yang tinggi meningkatkan kemungkinan terkena asam urat. Di sini, kita melihat hubungan antara purin dalam makanan Anda, asam urat, dan encok.

Dilansir dari laman verywellhealth, asam urat adalah kondisi kronis umum yang memengaruhi persendian. Hal ini disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam aliran darah yang membentuk kristal urat yang disimpan ke dalam persendian, yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit yang parah.

Tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Jumlah asam urat dalam tubuh bisa menjadi terlalu tinggi jika Anda mengonsumsi makanan tinggi purin, tubuh memproduksi terlalu banyak, atau jika tubuh Anda tidak mampu mengeluarkannya dengan cukup cepat.

Faktor risiko yang meningkatkan asam urat

Diet 

Diet

Diet

Photo :
  • U-Report