Ada Istilah CITO dan CTG di Kelahiran Bayi Lesti Kejora, Apa Artinya?

Rizky Billar dan Lesti Kejora
Sumber :
  • IG @rizkybillar

VIVA – Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diliputi kebahagiaan dengan lahirnya putra pertama mereka. Meski kelahiran anak mereka lebih cepat dari perkiraan, tetap tak mengurangi suka cita mereka mendapat momongan.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Bayi Lesti Kejora diketahui lahir secara prematur. Melalui unggahan Instagramnya, Billar mengabarkan bahwa Lesti terpaksa menjalani tindakan CITO caesar karena hasil CTG yang kurang baik.

Lantas, apa sebenarnya arti istilah CITO dan CTG yang disebutkan Billar? Berikut ulasannya.

Rizky Billar Beri Pesan Ini untuk Lesti kejora, Netizen: Kok Kayak Pamitan

Dalam unggahanya, Billa menceritakan kronologi istrinya sebelum menjalani persalinan. "Sebelumnya istri saya hanya disarankan untuk rawat inap setelah mengalami flek dan kontraksi akibat kelelahan namun mendadak dokter menyarankan untuk dilakukan tindakan CITO di hari dimana seharusnya kami pulang karena dari hasil CTG bayi harus segera dikeluarkan demi keselamatan anak dan istri saya," tulisnya.

Ilustrasi melahirkan bayi.

Photo :
  • Pixabay.com/cynthia_groth
Lelang Mobil untuk Donasi ke Palestina, Rizky Billar: Ini Harta Terakhir yang Dulunya Riba

Menurut dokter sekaligus konsultan menyusui, dr. Gita Permatasari, CITO adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin yang artinya cepat.

"Dalam dunia medis istilah CITO digunakan dalam kondisi gawat darurat untuk menandakan kegawatan dari aksus tersebut," ujarnya dalam wawancara dengan Asian Parent.

Demikian pula bila seorang dokter bedah atau obgyn mengatakan bahwa seorang pasien perlu operasi CITO artinya operasi itu dalam keadaan darurat. Diperlukan tindakan yang sesegera mungkin untuk menyelamatkan nyawa atau mencegah kecacatan permanen.

Di sisi lain, Billar juga menyebutkan hasil CTG yang mengharuskan bayi untuk segera dikeluarkan demi keselamatan Lesti dan bayinya. Apa itu CTG?

"CTG atau cardiotocography adalah alat yang digunakan untuk memantau aktivitas dan denyut jantung janin, serta kontraksi rahim saat bayi berada di dalam kandungan," jelas dr. Gita.

CTG biasanya dilakukan di trimester ketiga atau saat menjelang persalinan. Alat CTG dapat menilai kontraksi, durasi kontraksi rahim, dan kondisi janin di dalam kandungan saat kontraksi berlangsung.

Seperti apa hasil CTG yang baik dan apa yang menyebabkan ibu hamil harus menjalani CITO? Baca selengkapnya melalui tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya