Hesti Purwadinata Bolongi Kondom Pakai Peniti, Apa Sih Risikonya?

Hesti Purwadinata.
Sumber :
  • Instagram @hestipurwadinata

VIVA – Hubungan intim Hesti Purwadinata mendadak jadi perbincangan usai blak-blakan mengaku pernah membolongi kondom. Diakui Hesti, itu merupakan jebakan agar ia dan suami bisa memiliki keturunan meski tak kunjung berhasil.

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Saat tampil di acara TS Talks yang dipandu oleh Luna Maya dan Marianne, Hesti mengaku sempat berambisi memiliki anak. Namun, sang suami tak menginginkan hal yang sama dengannya.

"Iya, emang waktu itu sempet pengen punya anak lagi. Sekarang anak dua, dapat bonus satu dari suami ada anak sambung juga. Awalnya gue pengen punya anak lagi 2018, gue ngebet banget tapi Edo gak mau," kenangnya.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

Keduanya pun kerap memakai alat kontrasepsi kondom agar tak ada peluang kehamilan. Namun, Hesti diam-diam membuat kondomnya bocor dengan peniti agar bisa hamil meski tak berhasil.

"Pernah aku jebak, kondomnya aku bolong-bolongin, tapi gak berhasil juga," kata Hesti. 

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

"(Bolongin) Pakai peniti, tapi nggak berhasil juga," jawab Hesti disambut tawa Luna dan Marianne.

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.

Photo :
  • Pixabay/Anqa

Lantas, apa sih risiko membuat kondom bolong dan bocor? Apakah lantas bisa berpeluang hamil atau ada risiko lainnya? Hal itu ditanggapi oleh dokter spesialis kandungan, dr. Ivan Sini SpOG, kepada VIVA, Rabu 23 Februari 2022.

"Kondom adalah kontrasepsi efektif. Tapi mempunyai angka kegagalan 6 persen terutama kalau bocor atau lepas," ujar President Director of Morula IVF Indonesia itu.

Dokter Ivan pun tak menepis bahwa kondom yang bocor itu bisa membuka peluang kehamilan bagi pasangan manapun. Tak hanya itu, kondom yang bocor juga bisa berisiko menularkan penyakit infeksi seksual dari pasangan yang memang mengidapnya.

"Ya potensi hamil. Pada dasarnya fungsi proteksi dari kondom akan berkurang saat kondom tersebut tidak fungsional karena alasan apapun," tuturnya.

Kendati begitu, kondom hanya salah satu bentuk kontrasepsi di mana alat kontrasepsi lain sangat bervariasi dan bisa dicoba pasangan. Sejumlah alat kontrasepsi lainnya pun terbilang cukup efektif mencegah kehamilan bagi pasangan yang ingin menunda sementara.

"Bisa spiral, pil KB, KB suntik atau implan. Tapi akan sangat tergantung pasangan masing-masing," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya