5 Cara Mengetahui Tubuh Kelebihan Protein, Bisa Berdampak Negatif

Protein
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Makan 0,8 gram protein per kilo berat badan penting bagi manusia normal dan sangat penting bagi semua orang yang mencoba untuk tetap sehat dan bugar. Jumlahnya naik menjadi 1,5 gram jika Anda mencoba menurunkan berat badan dan menambah massa otot. 

8 Risiko yang Sering Diabaikan saat Naik Gunung, Pendaki Wajib Tahu!

Meningkatkan asupan protein sangat penting bagi semua orang yang mencoba membangun otot dan menurunkan berat badan karena membantu memperbaiki sel dan membangun massa otot tanpa lemak. 

Tetapi kadang-kadang, ketika mencoba menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan, orang-orang terbawa dan menambahkan terlalu banyak tanpa menyadari bahwa hal itu dapat berdampak negatif bagi kesehatan mereka.

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Dalam hal kesehatan, terlalu banyak hal yang tidak sehat, bahkan protein. Berikut lima hal yang mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak protein, dikutip dari Times of India.

Selalu merasa haus

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Asupan protein yang berlebihan dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Jika Anda tidak minum cukup air sesuai dengan asupan protein Anda, Anda mungkin merasa haus sepanjang waktu. Itu terjadi karena adanya nitrogen yang berlebihan dalam darah. 

Salah satu komponen protein adalah nitrogen dan asupannya yang berlebihan akan memaksa ginjal untuk melakukan upaya ekstra untuk mengeluarkannya dari sistem Anda. Akibatnya, perjalanan Anda ke toilet akan meningkat dan Anda akan merasa dehidrasi.

Lemah dan sakit kepala

Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Salah satu efek samping dehidrasi adalah lemas dan sakit kepala. Kurangnya jumlah air yang cukup dalam tubuh dapat menyebabkan kelemahan dan sakit kepala. Bisa juga karena asupan karbohidrat yang lebih sedikit atau mengganti karbohidrat dengan protein.

 Ketika tubuh tidak mendapatkan karbohidrat untuk energi, ia masuk ke dalam proses ketosis, di mana ia mulai menggunakan lemak yang disimpan untuk energi. Proses ini membuat Anda merasa lemah dan dapat menyebabkan sakit kepala

Bau napas

Diet tinggi protein juga bisa membuat napas bau. Asupan protein yang terlalu banyak dapat membuat napas Anda berbau seperti buah busuk, yang terjadi akibat proses ketosis. 

Inisiasi proses ketosis mengarah pada pembentukan aseton dalam napas, membuat napas Anda berbau. Selain itu, ada dua asam amino yang terkandung dalam protein yang juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Bahkan jika Anda minum air atau mengunyah mint, bau ini tidak hilang.

Sembelit

Ilustrasi sembelit

Photo :
  • Pixabay/pexels

Makanan kaya protein tidak mengandung serat yang dibutuhkan untuk menggembungkan tinja. Karbohidrat mengandung serat yang membuat tinja menjadi lebih banyak, membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu melancarkan buang air besar. 

Jika Anda tidak mengonsumsi karbohidrat yang cukup dan hanya mengonsumsi protein, Anda akan merasa sembelit sepanjang hari. Sejumlah asupan karbohidrat sangat penting untuk merasa energik dan buang air besar secara teratur.

Berat badan bertambah

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Ya, Anda membacanya dengan benar. Asupan protein yang berlebihan dapat membuat berat badan Anda bertambah seperti halnya asupan lemak yang berlebihan. Ketika Anda mengambil terlalu banyak protein dari sumber seperti daging merah, makanan yang digoreng atau produk susu penuh lemak, itu dapat menyebabkan penambahan berat badan daripada penurunan berat badan. 

Terlalu banyak protein juga bisa berarti terlalu banyak asupan kalori yang dapat dengan mudah menyabotase rencana penurunan berat badan Anda. Jadi, sangat penting untuk makan dalam jumlah sedang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya