Pasien Transplantasi Jantung Babi Meninggal, Uji Klinis Dilanjutkan

Keluarga David Bennett, 57, yang menerima jantung babi pada Januari lalu
Sumber :
  • usatoday

VIVA – Orang pertama yang menerima cangkok jantung babi meninggal dua bulan setelah transplantasi bersejarah itu. Meski begitu, pihak medis masih menelusuri penyebab pasti kematian pasien tersebut.

BPJPH: Produk Non Halal di Indonesia Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

Dikutip dari laman USA Today, David Bennett, 57, yang menerima jantung babi pada Januari lalu untuk menggantikan jantungnya sendiri yang gagal memompa, tercatat meninggal dunia pada Selasa, 8 Maret 2022.

Belum jelas secara pasti apa yang menyebabkan kematian Bennett, menurut University of Maryland Medical Center, di mana ia menerima transplantasi pada 7 Januari dan telah pulih sejak itu. Dia mulai memburuk dalam beberapa hari terakhir dan rumah sakit mengumumkan kematiannya Rabu kemarin.

Ahli Bedah di AS Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Bennett adalah pasien pertama yang menerima organ hewan yang dimodifikasi secara genetik untuk mencegah penolakan pada seseorang. Tidak ada penyebab jelas yang diidentifikasi pada saat kematiannya, kata juru bicara rumah sakit Deborah Kotz, dan para peneliti berencana untuk melakukan tinjauan menyeluruh atas kematiannya dan mempublikasikan hasilnya dalam jurnal peer-review.

“Kami sangat terpukul atas kehilangan Tuan Bennett. Dia terbukti sebagai seorang pasien pemberani dan mulia yang berjuang sampai akhir. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarganya. Pak Bennett dikenal oleh jutaan orang di seluruh dunia karena keberanian dan tekadnya untuk hidup," kata ahli bedah yang memimpin transplantasi Bennett, Dr. Bartley Griffith.

Bicara Pemilu 2024, Mahfud MD Singgung soal Politik Gentong Babi dan Kerah

Operasi investigasi, meskipun hanya menambahkan dua bulan untuk hidup Bennett, menginformasikan bidang xenotransplantasi, yang berharap dapat membantu mengatasi kekurangan organ manusia.

“Kami telah memperoleh wawasan yang sangat berharga dengan mempelajari bahwa jantung babi yang dimodifikasi secara genetik dapat berfungsi dengan baik di dalam tubuh manusia sementara sistem kekebalan cukup ditekan. Kami tetap optimis dan berencana melanjutkan pekerjaan kami dalam uji klinis di masa depan," ujar seorang ahli dalam transplantasi antarspesies yang terlibat dalam perawatan Bennett dan di University of Sekolah Kedokteran Maryland, Dr. Muhammad Mohiuddin.

Transplantasi jantung dinilai sukses

Sejarah kedokteran dipenuhi dengan contoh-contoh prosedur eksperimental yang tidak membuat perbedaan substansial pada beberapa pasien pertama tetapi pada akhirnya mengubah kedokteran. Transplantasi organ itu sendiri sebagian besar masih bersifat eksperimental dari tahun 1950-an hingga pertengahan 1980-an dan sekarang sekitar 40.000 dilakukan setiap tahun di Amerika Serikat.

Transplantasi tersebut menimbulkan kekhawatiran etis di antara aktivis hak-hak hewan, yang percaya bahwa hewan tidak boleh dikorbankan untuk kepentingan manusia, dan di antara beberapa yang keberatan dengan Bennett, yang telah menjalani hukuman penjara karena menyerang seorang pria dengan pisau, menerima prosedur perpanjangan hidup.

Bennett terbaring di tempat tidur dan menggunakan mesin pintas jantung-paru di Pusat Medis Universitas Maryland dari Oktober 2021 hingga operasi transplantasi. Dia tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia karena dia tidak mematuhi rekomendasi medis sebelumnya. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang tidak mengikuti perintah dokter tidak berhasil dengan transplantasi organ dan hanya sedikit hati manusia yang tersedia untuk transplantasi. Bennett juga bukan kandidat yang baik untuk pompa jantung buatan karena detak jantung yang tidak menentu.

Ketika dia mengetahui bahwa dia tidak punya pilihan lain, dia setuju untuk menjadi orang pertama yang menerima hati babi yang diedit secara gen, yang dia harap akan menjadi jembatan sampai dia bisa membuktikan dirinya layak mendapatkan hati manusia.

Jantung barunya bekerja dengan baik selama berminggu-minggu, tanpa tanda-tanda penolakan. Sangat lemah karena begitu banyak waktu di tempat tidur, Bennett menerima rehabilitasi dan mampu duduk dan menonton Super Bowl, dengan terapis fisiknya, bahkan bernyanyi bersama dengan penampilan "America the Beautiful."

Putranya berharap pengalaman ayahnya pada akhirnya akan membantu banyak orang lain hidup lebih lama dengan transplantasi organ babi.

“Kami berharap cerita ini bisa menjadi awal harapan dan bukan akhir. Kami berdoa agar mereka yang mencari harapan akan terus berjuang untuk masa depan, berjuang untuk ide-ide baru, berjuang untuk jawaban, berjuang untuk hidup. Berjuang seperti Dave," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya