Manfaat Suplemen Kolagen, Jaga Kesehatan Kulit Hingga Jantung

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata kolagen, bukan? Tapi, tahukah kamu arti dan manfaatnya? Ya, kolagen merupakan protein paling melimpah di dalam tubuh kita. Ini adalah komponen utama dari jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit dan otot.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Kolagen memiliki banyak fungsi penting, termasuk memberikan struktur pada kulit dan memperkuat tulang. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kadar kolagen yang diproduksi tubuh terus berkurang, sehingga banyak orang yang mencukupi kebutuhannya dengan mengonsumsi suplemen kolagen.

Suplemen kolagen biasanya tersedia dalam bentuk bubuk, kapsul, bahkan minuman kolagen. Nah, agar kamu lebih paham, berikut beberapa manfaat suplemen kolagen, dilansir dari laman Healthline, Kamis 17 Maret 2022.

Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Sudah Beredarkah di Indonesia?

Meningkatkan kesehatan kulit
Kolagen merupakan komponen utama kulit. Kolagen memainkan peran dalam mengencangkan, menjaga elastisitas dan menghidrasi kulit. Sebab, seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. 

Ilustrasi wanita dengan keriput.

Photo :
  • Pixabay
5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Beberapa penelitian menunjukkan, peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi kerutan dan keringnya. 

Meningkatkan kesehatan jantung 
Para peneliti mengatakan, suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko yang berkaitan dengan kondisi jantung. Kolagen menyediakan struktur untuk arteri kita, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. 

Tanpa kolagen yang cukup, arteri mungkin menjadi kurang fleksibel dan elastis. Ini dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai dengan penyempitan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Penurunan berat badan
Meski penelitian mengenai hal ini belum ada, namun beberapa pendukung percaya bahwa suplemen kolagen dapat membantu penurunan berat badan dan metabolisme lebih cepat. 

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Brand HEZEL juga mengeluarkan produk pertamanya Glutacolla, yaitu minuman kolagen dengan rasa stroberi.

Owner HEZEL, Raisa, menjelaskan, Glutacolla mengandung 5000 mg collagen tripeptide di setiap sachet-nya. Tripeptide adalah kolagen yang terdiri dari 3 rantai asam amino yang kecil dan sangat mudah terserap oleh tubuh yang bekerja sangat maksimal. 

Menurutnya, Glutacolla juga mengandung L-Glutathione yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, dan juga memelihara kesehatan kulit. Tak berhenti di situ, menurut Raisa, Glutacolla juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, dengan takaran yang sesuai untuk menjaga imun tubuh. 

"Glutacolla hadir untuk kita semua, terutama untuk kaum wanita seperti saya yang sangat ingin menjaga kesehatan kulit dan tubuh, karena ini merupakan investasi terbaik untuk masa depan," kata Raisa dalam keterangannya. 

"Walaupun mungkin hasil yang diperoleh setiap individu akan berbeda-beda, tetapi jika konsisten pasti mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena Glutacolla ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh saja, tapi manfaatnya juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembap, mengurangi kerutan, mengatasi jerawat, mengurangi rambut rontok, membuat kuku jadi lebih sehat, dan sebagainya," papar Raisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya