Menkes Beberkan Program Wajib Vaksinasi Kanker Serviks Mulai Tahun Ini

Ilustrasi Vaksinasi Anak
Sumber :
  • ist

VIVA – Pemerintah melalui Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa program imunisasi rutin khususnya vaksin kanker serviks atau Human Papilloma Virus (HPV) diberikan secara gratis mulai tahun ini.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Program tersebut nantinya akan menjadi salah satu vaksin wajib untuk kelompok sasaran vaksinasi nasional di Indonesia. Vaksinasi kanker serviks atau vaksin human papillomavirus (HPV) akan mencegah kanker serviks yakni salah satu kanker penyebab kematian perempuan di Indonesia maupun global.

"Kita akan naikkan vaksin wajibnya dari 11 antigen menjadi 14, kita tambah vaksin (human papillomavirus) HPV, PCV sama rotavirus, terutama karena kematian kanker itu paling banyak wanita Indonesia karena kanker serviks sama payudara, serviks ada vaksinnya," ungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam webinar Pertemuan Diaspora Kesehatan Indonesia Kawasan Amerika & Eropa yang diunggah di YouTube pada Minggu 18 April 2022 lalu.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun

Photo :
  • Istimewa

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pengelola Imunisasi Kemenkes, Prima Yosephine menuturkan bahwa pemberian vaksin HPV akan diberikan secara gratis bersamaan dengan program imunisasi nasional.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Vaksinasi HPV gratis hanya untuk target sasaran program imunisasi nasional yakni anak perempuan usia sekolah dasar.

"Persyaratannya tentu sesuai dengan target sasaran yaitu anak perempuan usia sekolah yaitu kelas 5 SD dan kelas 6 SD. Karena pelaksanaannya masih bertahap, maka tentu sasaran ini yang tinggal di daerah yang sudah menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi HPV," jelas Prima.

Hal ini berarti untuk wanita dewasa (lepas dari usia kelas 5 dan 6 SD) harus membayar untuk mendapatkan vaksin kanker serviks yang jadi vaksin wajib di Indonesia.

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024