Jangan Abai, Ini 4 Fakta Buta Warna Parsial

Ilustrasi buta warna.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Buta warna berarti mata Anda tidak melihat warna sebagaimana mestinya. Biasanya, pengidap buta warna ini cenderung melihat warna menjadi gelap atau hitam putih sehingga tak bisa membedakannya.

Sambung Bulu Mata Wanita Ini Malah Kehilangan Penglihatan, Kok Bisa?

Dikutip dari laman Web MD, Mata Anda melihat perbedaan dalam cahaya yang masuk. Ini mirip seperti cara kita mendengar suara rendah atau tinggi. Ini disebut nada, dan itu sesuai dengan frekuensi suara, atau berapa kali bergetar dalam periode waktu tertentu.

Tombol di sisi kiri keyboard piano menghasilkan suara frekuensi rendah. Frekuensi naik saat Anda pergi ke kanan. Ada urutan yang mirip dengan warna yang kita lihat.

6 Cara Efektif Mengurangi Mata Minus bagi Penderita dengan Tingkat Minus Rendah

Warna setiap pelangi selalu muncul dalam urutan yang sama: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna yang berbeda di setiap bagian pelangi sesuai dengan panjang gelombang cahaya yang berbeda. Warna kemerahan memiliki panjang gelombang yang panjang.

Warna kebiruan memiliki yang lebih pendek. Sama seperti ada banyak nada pada piano, banyak panjang gelombang cahaya yang cocok dengan warna yang berbeda. Untuk lebih memahami, berikut fakta-fakta buta warna parsial

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Cara mata melihat warna

Pikirkan mata Anda sebagai kamera. Bagian depan ada lensa. Tugasnya adalah memfokuskan gambar di bagian dalam belakang mata Anda. Daerah ini disebut retina. Itu ditutupi dengan sel saraf khusus yang mengandung pigmen yang bereaksi terhadap cahaya:

Kerucut mengontrol penglihatan warna Anda. Ada beberapa jenis pigmen hadir dalam tiga jenis sel kerucut. Beberapa bereaksi terhadap cahaya dengan panjang gelombang pendek, yang lain bereaksi terhadap panjang gelombang sedang, dan yang lain bereaksi terhadap panjang gelombang yang lebih tinggi

Batang hanya memiliki satu jenis pigmen. Ini bereaksi dengan cara yang sama untuk setiap panjang gelombang cahaya. Batang tidak ada hubungannya dengan penglihatan warna. Tapi mereka sangat sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan kita untuk melihat di malam hari.

Buta warna.

Photo :
  • U-Report

Apa itu buta warna?

Saat sel kerucut memiliki berbagai macam pigmen -- disebut fotopigmen -- mata Anda melihat semua kemungkinan warna. Jika ada masalah dengan pigmen, Anda tidak akan melihat warna seperti seharusnya. Ini disebut defisiensi warna atau buta warna.

Jika hanya satu pigmen yang hilang, Anda mungkin hanya kesulitan melihat warna tertentu. Jika Anda tidak memiliki pigmen di kerucut Anda, Anda tidak akan melihat warna sama sekali. Ini dikenal sebagai achromatopsia, dan jarang terjadi.

Pemicu buta warna

Biasanya, gen yang diwarisi dari orang tua Anda menyebabkan fotopigmen yang salah -- molekul yang mendeteksi warna dalam sel berbentuk kerucut, atau "kerucut", di retina Anda. Namun terkadang buta warna bukan karena gen Anda, melainkan karena:

Kerusakan fisik atau kimia pada mata, kerusakan saraf optik, Kerusakan pada bagian otak yang memproses informasi warna, Katarak atau kekeruhan pada lensa mata hingga usia.

Jenis buta warna

Jenis yang paling umum terjadi ketika gen yang Anda warisi dari orang tua Anda yang membantu membuat fotopigmen di kerucut mata Anda tidak berfungsi dengan baik. Terkadang ini berarti Anda kurang sensitif terhadap beberapa warna daripada yang lain, dan terkadang itu berarti Anda tidak dapat melihat warna tertentu

Buta Warna Merah-Hijau

Saat itulah fotopigmen di kerucut merah atau kerucut hijau mata Anda tidak berfungsi dengan baik -- atau sama sekali.

Buta Warna Biru-Kuning

Ini adalah saat fotopigmen kerucut biru Anda hilang atau tidak berfungsi dengan benar. Ini adalah jenis yang paling umum kedua, dan itu mempengaruhi pria dan wanita secara setara.

Buta Warna Lengkap

Disebut juga monokromasi, Anda tidak melihat warna sama sekali dan penglihatan Anda mungkin tidak begitu jelas

Dampak kesehatan

Jenis yang ada saat lahir tidak. Kebanyakan orang yang buta warna menjalani kehidupan normal dan lengkap. Kondisi tersebut mungkin menghalangi Anda dari pekerjaan -- seperti pilot -- yang membutuhkan tingkat penglihatan warna tertentu.

Jika Anda merasa memiliki masalah dengan penglihatan warna, bicarakan dengan dokter mata Anda segera. Mereka dapat memberi tahu Anda jika Anda melihat warna dengan benar dan apa yang harus dilakukan jika tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya