Efek Mengejutkan Makan Bawang Bombay, Menurunkan Lemak Lebih Cepat

Bawang bombay
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Sementara dalam perjalanan penurunan berat badan, ada beberapa makanan yang harus dihindari dan pilihan makanan sehat lainnya yang harus ditambahkan ke dalam diet. 

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Tanpa disadari, ada makanan yang kita makan hampir setiap hari dan dapat bekerja secara ajaib untuk menurunkan berat badan, hanya jika kita memakannya dengan cara yang benar. Salah satu contoh sempurna adalah bawang.

Meskipun bawang adalah bahan umum di hampir setiap masakan, kebanyakan orang tidak menyadari bagaimana bawang juga dapat membantu menurunkan berat badan, terutama dengan membantu menghilangkan lemak perut yang membandel. 

Aktris Claudia Kim Rela Naik Berat Badan sampai 100 Kg Demi Perannya di The Atypical Family

Kelebihan lemak visceral di perut meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular serta kelainan metabolisme, demikian dilansir dari laman Times of India, Rabu 20 Juli 2022. 

berat badan

Photo :
  • U-Report
Ngaku Dikekang Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Gue Turun Berat Badan Sampai 5 Kg

Bawang adalah makanan prebiotik yang kuat karena memiliki jumlah kalori yang sangat rendah dan kandungan serat kental larut yang tinggi.

Nilai gizi per cangkir (160 gram) bawang cincang adalah 64 kalori, 15 gram karbohidrat, 16 gram lemak, 7 gram serat, 76 gram protein, 78 gram gula, dan 12 persen dari nilai vitamin yang direkomendasikan. C, vitamin B-6, dan mangan.

Seiring dengan antioksidan seperti Quercetin dan Sulphur, bawang juga memiliki kadar kalsium, zat besi, folat, magnesium, fosfor, dan kalium.

Serat larut dalam bawang dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori, yang selanjutnya akan membantu menurunkan berat badan. Bawang bombay mengandung flavonoid yang disebut Quercetin, yang dikenal untuk meningkatkan metabolisme dan membantu mencegah penumpukan lemak.

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan lainnya

Bawang bombay kaya akan Inulin dan fructooligosaccharides, dua prebiotik yang penting untuk usus yang sehat. Mereka dapat memperkuat sistem kekebalan seseorang dan meningkatkan jumlah mikroorganisme menguntungkan di perut.

Orang dengan diabetes atau pradiabetes dapat mengambil manfaat dari komponen Sulfur dan Quercetin bawang, yang membantu mengatur gula darah.

Tingkat vitamin C bawang yang tinggi membantu pembentukan kolagen, yang memberikan tekstur kulit dan rambut lebih halus. Ia bekerja bersama dengan Vitamin A untuk mengurangi pigmentasi dan melindungi kulit dari sinar UV.

Menambahkan bawang ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung jumlah kalsium yang baik.

Bawang memiliki lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang dapat mencegah produksi radikal bebas yang dapat memperburuk kondisi termasuk kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Berikut tiga cara paling efektif menggunakan bawang untuk menurunkan berat badan.

Minum jus bawang

Cara terbaik untuk menikmati semua manfaat kesehatan dari bawang bombay adalah dengan cara ini. Bawang harus dikupas, dipotong-potong, dan direbus dalam air selama empat sampai lima menit. Selanjutnya, aduk rata, dan minum jusnya.

Dibuat sup bawang

Sup sangat padat nutrisi dan sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut adalah cara membuat sup bawang yang sempurna.

1. Dalam panci sup, tambahkan minyak zaitun.

2. Tambahkan parutan jahe dan bawang putih dan masak selama 2 menit.

3. Selanjutnya, tambahkan bawang bombay cincang dan sayuran yang sudah disiapkan seperti tomat dan kol. Masak selama 30 detik dan aduk sesekali.

4. Sekarang tambahkan kaldu ayam atau sayuran.

5. Tambahkan garam dan merica sebagai penyedap rasa setelah dimasak setidaknya selama 10 hingga 15 menit.

6. Hiasi dengan segenggam daun ketumbar

Makan bawang mentah

Makan mentah sangat ideal karena seseorang dapat memperoleh nutrisi paling banyak dari bawang. Irisan bawang mentah untuk dimasukkan ke dalam mangkuk bersama dengan beberapa air jeruk nipis dan garam merah muda. Ambil ini dengan makan siang atau makan malam sebagai lauk atau Anda bisa memasukkan irisan bawang bombay ke dalam salad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya