Penyebab Migrain yang Sebabkan Sakit Kepala Berdenyut Hebat

Sakit migrain.
Sumber :
  • http://blogaksesbisnis.blogspot.com/2014/04/bahaya-migren-untuk-otak.html

VIVA Lifestyle – Mungkin banyak masyarakat yang beranggapan bahwa migrain itu adalah sakit kepala sebelah. Padahal, berbeda karena migrain bukanlah sakit kepala sebelah seperti yang umumnya diketahui. Banyak juga yang penasaran apa penyebab migrain di kepala.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Migrain adalah jenis sakit kepala yang terasa seperti berdenyut hebat, termasuk penyakit saraf yang bisa memicu sederetan gejala seperti mual, muntah dan terasa sensitif terhadap suara atau cahaya. 

Kemudian dipicu juga oleh beberapa makanan seperti vetsin (mengandung MSG), cokelat atau keju dan biasanya lebih sering terjadi kepada perempuan daripada laki-laki. Kita akan ketahui lebih lanjut tentang migrain mulai dari gejala, penyebab migrain hingga cara mencegahnya. Scroll ke bawha untuk simak artikel selengkapnya.

Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Gejala Migrain

Ilustrasi penderita migrain.

Photo :
  • vstory
Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

Sakit kepala berdenyut hebat, gejala yang paling khas terjadi pada seseorang yang mengalami migrain. Biasanya sakit kepala akan membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitasnya lagi. Sakit kepala yang dirasakan berdurasi 4-72 jam. 

“Dari data statistik sakit kepala primer atau sakit kepala tidak berbahaya ini contohnya migrain meskipun dia mengganggu tapi sebenarnya tidak berbahaya,” jelas dokter spesialis saraf, Zicky Yombana yang dikutip dari program solusi penyakit YouTube Kata Dokter VDVC pada Rabu, 2 November 2022. 

Mengapa lebih sering terjadi pada perempuan?

Makanan untuk Meredakan Migrain

Photo :
  • U-Report

Karena hormon estrogen membuat sel-sel di sekitar syaraf pada pembuluh darah kepala jauh lebih sensitif terhadap pemicu migrain. Sementara pada laki-laki, hormon seks mereka cenderung melindungi terhadap migrain. 

Ada juga faktor keturunan atau secara genetik dan dipengaruhi juga oleh hormonal, di mana wanita hormonalnya cenderung tidak stabil dibanding dengan laki-laki. Itu sebabnya mengapa migrain lebih sering terjadi kepada perempuan.

Penyebab Migrain

Sakit migrain.

Photo :
  • http://blogaksesbisnis.blogspot.com/2014/04/bahaya-migren-untuk-otak.html

Migrain disebabkan karena adanya gangguan pembuluh darah di otak bersifat reversibel yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bisa karena makanan cokelat, keju atau vetsin. 

Tak hanya ketiga makanan itu saja, tapi juga bisa karena makanan lain sehingga kamu harus mengingat apa yang sebelumnya kamu makan sebelum muncul migrain. 

Stres Bisa Memengaruhi Migrain?

3 Penyakit Serius Yang Berawal Dari Migrain

Photo :
  • vstory

Hubungan stres dengan migrain sebetulnya tidak ada bukti ilmiah, tapi untuk jenis sakit kepala yang lain mungkin iya. Namun, stres tidak menyebabkan migrain, karena tidak semua orang yang merasa stres mengalami migrain.

Cara Mencegah Migrain

Ilustrasi wanita konsultasi ke dokter.

Photo :
  • U-Report

Jika terjadi migrain, maka harus diberikan obat-obatan yang dapat mengatasinya seperti abortif atau obat-obat yang menghilangkan sakit kepala. Namun, ada kriterianya, apabila migrain ini sangat sering dan mengganggu aktivitas maka harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis otak terdekat.

Gunanya adalah untuk dilakukan terapi pencegahan atau terapi profilaksis, pemberian obat-obatan tertentu yang bisa mencegah migrain kambuh sehingga aktivitas bisa kembali normal. Selain itu, hindari juga makanan-makanan yang bisa menjadi penyebab munculnya migrain.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya