Serat Penting untuk Diet dan Metabolisme Tubuh, Berapa Kebutuhan Sehari?

Ilustrasi diet.
Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Diet bukan hanya tentang defisit kalori dan mencari hasil yang instan. Tetapi merupakan perjalanan membangun gaya hidup sehat yang berkelanjutan. 

Sebab, diet ketat yang tidak terarah hanya akan menyebabkan berat badan kembali ke semula dan ini adalah pengalaman yang mengerikan. Sementara itu, konsistensi adalah kunci yang akan membuat kita memenangkan ‘perlombaan’ untuk membangun kebiasaan yang mendukung gaya hidup sehat. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Tak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga lebih melihat progress. Sebab, untuk menilai kualitas kesehatan seseorang tidak hanya terbatas pada kesehatan tubuh saja, tetapi juga kesehatan pikiran, yang akan menjadi satu kesatuan. Lalu, bagaimana cara diet yang baik dan benar? 

Dalam aturan diet tidak hanya mengurangi porsi makan saja, tapi perbanyak konsumsi serat juga tidak kalah penting. Karena serat tidak hanya bermanfaat dalam penurunan berat badan, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. 

Ilustrasi menu hidangan diet

Ilustrasi menu hidangan diet

Photo :
  • Dokumentasi Fit Company

Brand Manager Everfit, Cynthia Clara menjelaskan serat merupakan salah satu nutrisi penting untuk menunjang proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Lalu, berapa kebutuhan konsumsi serat dalam sehari?

"Sehingga memastikan tubuh menerima asupan serat yang cukup lewat konsumsi makanan berserat ataupun suplemen serat sangatlah penting. Secara umum, kebutuhan serat manusia antara 25 - 35 gr per hari," ujar Cynthia dalam keterangannya, Kamis 1 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title