Diet Tanpa Konsumsi Nasi Bikin Cepat Langsing, Begini Penjelasan Dokter

Ilustrasi nasi.
Ilustrasi nasi.
Sumber :
  • Freepik/KamranAydinov

VIVA Lifestyle – Memiliki bentuk tubuh yang ideal menjadi impian bagi setiap wanita. Untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti itu, berbagai usaha dilakukan salah satunya dengan menjalankan program diet.

Dari sejumlah program diet, beberapa pelaku diet memilih untuk tidak mengonsumsi nasi lantaran nasi dianggap dapat membuat kenaikan berat badan. Benarkah demikian?

Diungkap Spesialis gizi klinik, Metta Satiyani, SpGK, nasi adalah sumber karbohidrat yang baik. Jika Anda ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal bisa menerapkan pola makan yang baik dengan pedoman gizi seimbang yaitu kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Ilustrasi diet.

Ilustrasi diet.

Photo :
  • Pixabay

"Sebagai pedoman seharusnya karbohidrat mencapai 40-60 persen dari kebutuhan kalori harian. Sebaiknya dicukupkan dengan karbohidrat kompleks salah satunya dengan nasi," kata dia dalam program Hidup Sehat TVOne, Jumat 16 Desember 2022.

Di sisi lain, Metta menjelaskan, sumber karbohidrat bukan hanya nasi, jika seseorang menerapkan diet tanpa nasi namun tetap mencukupkan kebutuhan karbohidrat dari sumber karbohidrat lain maka diet tanpa nasi sifatnya aman-aman saja.

"Ada beberapa alternatif pengganti nasi saat berdiet," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title