Sosialiasi Dinkes Dinilai Gagal! Kasus Melonjak di Pacitan, Petani Tak Tahu Apa Itu Leptospirosis

Ilustrasi tikus.
Sumber :
  • Pixabay.

VIVA Lifestyle – Penyebaran wabah bakteri Leptospira di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, makin merebak. Per 6 Maret kasus positif Leptospirosis mencapai 133, dengan jumlah kematian 6 dan ratusan orang suspect.

Regenerasi Petani, Kementerian Pertanian Beri Pembekalan pada Petani Muda

Penyebaran kasus tersebut ada di 12 puskesmas, dengan jumlah kasus tertinggi ada di 7 puskesmas, yaitu di Puskesmas Sudimoro, Puskesmas Ngadirojo, Puskesmas Tulakan, Puskesmas Kebonagung, Puskesmas Arjosari, Puskesmas Tegalombo, dan Puskesmas Pakis Baru Nawangan. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Sebagian warga di salah satu wilayah dengan kasus sebaran Leptospirosis tertinggi, mengaku tidak tahu terkait Leptospirosis atau bakteri yang berasal dari kencing tikus ini bisa berakibat fatal.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

Awas bahaya wabah Leptospirosis

Photo :
  • IG @sehatbareng.id

"Tidak ada sosialisasi dari dinkes (dinas kesehatan), jadi tidak tau kalau kencing tikus ini sangat berbahaya," kata Pak Gun, seorang petani di wilayah Kecamatan Tulakan, Selasa 7 Maret 2023. 

Hati-hati, Diare Terus-menerus pada Balita Bisa Sebabkan Stunting

Pria 60 tahun itu sejauh ini mengolah sawah dengan kebiasaan seperti biasa. Ia terlihat bahkan tidak melindungi diri dengan memakai alas kaki. 

Tidak hanya itu, sejumlah petani lainnya di sekitar wilayah ini bahkan nampak tak berbeda. Mereka di area pertanian tanpa alas kaki atau pelindung diri. Mungkin juga, sebagian dari mereka juga sudah mengetahui tentang Leptospirosis.

"Tahunya hanya flu. Greges (tidak enak badan). Tidak tahu gejala ini itu atau Leptospirosis," sahut petani lainnya.

Dengan fakta-fakta yang ditemui di lapangan saat ini, di wilayah Kecamatan Tulakan, bisa dibilang 'wajar' jika Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji mengingatkan ke Dinas Kesehatan, jika instansi itu sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat.

"Sejak awal saya sudah instruksikan agar Dinkes melakukan pencegahan sedini mungkin. Sebelum bakteri ini merebak, harusnya Dinkes sudah berada di garda terdepan dalam rangka penanggulangan penyakit yang tengah mewabah ini," kata Aji, beberapa hari lalu.

Awas bahaya wabah Leptospirosis

Photo :
  • IG @explore.bantul

Menurutnya, dinkes merupakan tenaga profesional yang bertanggungjawab dan akuntabel dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan masyarakat. Termasuk memfasilitasi serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Peran dan fungsi Dinkes sangatlah penting, sehingga harus ditingkatkan lagi, untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang semakin baik," imbuh Aji.

Data kasus leptospirosis  per 6 Maret  2023, klinis/total: 204+10, positif RDT: 133+10, kasus baru : 10. Sementara yang masih menjalani perawatan di RSUD dr Darsono Pacitan berjumlah 10 pasien, belasan lain di Puskesmas dan rumah sakit luar kota. 

Laporan: Agus Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya