Alasan Kenapa Orang Tua Kita Bangun Lebih Awal, Nomor 2 Bikin Was Was

Ilustrasi terbangun saat tidur.
Sumber :
  • U-Report

JAKARTA – Pernahkah Anda melihat orang tua lanjut usia di keluarga atau lingkungan Anda bangun lebih awal dari anda? Atau bahkan mereka bangun lebih pagi sebelum matahari terbit? 

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

Anda tentu bertanya-tanya mengapa orang tua dan mereka yang telah berusia lanjut sering bangun lebih pagi dibanding orang muda lainnya? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Melansir laman Times of India, secara umum, sebagian besar lansia mengalami kesulitan tidur dengan terbangun di tengah malam dan tidak dapat tidur lagi, perlu buang air kecil atau karena sakit karena penyakit jangka panjang.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Selain itu ada beberapa alasan lainnya yang perlu diperhatikan. Berikut ini ulasannya:

1. Respons Terhadap Input Melemah

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Proses penuaan yang dialami secara natural dapat memengaruhi waktu tidur dan bangun alami tubuh seseorang. Salah satu alasan di balik perubahan pola tidur adalah karena otak kita menjadi kurang responsif seiring bertambahnya usia.

Respons otak seseorang terhadap indra, seperti matahari terbenam, sinar matahari, dan lain-lain tidak sebaik dulu karena penuaan. Ini mengganggu rasa waktu dan kemampuan seseorang untuk menandai di mana kita berada dalam sehari.

Ilustrasi orangtua

Photo :
  • Times of India

2. Ketidakmampuan untuk Merasakan Waktu

Karena lansia tidak dapat merasakan waktu dengan benar, mereka cenderung cepet lebih lelah dari anak atau cucu mereka. Akibatnya, mereka akan tidur lebih awal dan bangun lebih awal dari orang lain di sekitarnya.

3. Penglihatan yang Lemah Juga Berperan

Perubahan penglihatan seiring bertambahnya usia mengurangi intensitas rangsangan cahaya yang diterima otak seseorang. Stimulasi cahaya ini memainkan peran penting dalam mengatur jam sirkadian kita.

Ilustrasi orang tua yang mengonsumsi ganja.

Photo :
  • New York Post

Orang lansia dengan katarak umumnya mengalami faktor ini, karena masalah seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda dan kesulitan melihat secara umum.

4. Mengekspos Diri Anda Terhadap Cahaya dapat Membantu

Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak tidur tidak terlalu pagi dan juga tidak bangun terlalu pagi tip ini mungkin bisa membantu. Paparkan orang tua Anda pada cahaya terang di sore hari, 30 hingga 60 menit sebelum matahari terbenam.

Anda dapat melakukan hal ini dengan berjalan-jalan di luar ruangan sebelum matahari terbenam, membaca buku di iPad yang cerah, atau menonton TV di layar yang cerah.

Ilustrasi pria tidur mendengkur

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Cahaya terang ini akan memberi tahu otak bahwa matahari belum terbenam. Ini akan membantu menahan produksi melatonin awal dan dapat memperbaiki siklus tidur mereka.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi otak sebagai respons terhadap kegelapan. Ketika cahaya yang masuk ke mata berkurang, itu tandanya sekarang waktunya tidur. Tubuh Anda kemudian mulai melepaskan melatonin, juga disebut hormon tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya