Banyak yang Salah Kaprah Soal Diet Karbohidrat, Begini yang Benar

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Diet ketat dilakukan demi mendapatkan berat badan yang ideal, apalagi kita berpikir konsumsi karbohidrat yang notabene adalah makanan favorit kita dapat merusak pola diet. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Ternyata, menurut Coach Siavash Nadim, konsumsi karbohidrat dan gula tetap wajib dalam menjalani proses diet. Menariknya lagi, dengan mengonsumsi karbohidrat dengan menu dan jadwal yang tepat, ternyata tetap bisa membantu menurunkan berat badan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya. 

“Jika kita mengartikan diet karbohidrat dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, maka kita salah. Diet karbohidrat tetap mengharuskan konsumsi sumber makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat, tapi dengan porsi yang lebih sedikit," tutur Coach Siavash Nadim, dalam keterangannya, dikutip Kamis 20 Juli 2023. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Personal Coach Siavash Nadim yang juga suami dari Selebgram Delia Yasmine menjelaskan, karbohidrat kompleks mengandung serat yang tinggi dan dicerna lebih lambat oleh tubuh, memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan menjaga tingkat gula darah stabil. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

"Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah roti gandum utuh, beras merah, oatmeal, kentang, brokoli, apel, pisang, kacang almond, dan yogurt rendah lemak," jelasnya.

Selain diet karbohidrat yang disarankan Coach Siavash Nadim, ada juga cheat meal, yakni konsep berbuat curang untuk dapat mengonsumsi apa saja selama 1 waktu dalam 1 hari. 

Cheat meal atau makanan curang konsep untuk mengizinkan kita boleh makan di luar hidangan pola sehat. Biasanya, cheat meal ini dijadwalkan hanya untuk satu kali dalam satu hari tertentu atau beberapa kali dalam seminggu," ujarnya. 

Saat cheat meal, menurut Coach Siavash, seseorang boleh menikmati makanan favoritnya yang biasanya dihindari selama menjalani program diet atau gaya hidup sehat. 

"Tujuan utamanya adalah untuk memberikan sedikit kelonggaran dan kesenangan dalam pola makan tanpa mengganggu secara signifikan kemajuan menuju tujuan diet atau kesehatan," kata Pakar Kebugaran terkemuka di Jakarta itu. 

Pria keturunan Iran ini juga menyarankan saat menjalani cheat meal, tetap harus mengonsumsi makanan dengan kalori yang terkontrol. 

"Untuk menjadwalkan diet yang sesuai dengan makanan yang Anda sukai, penting untuk tetap memerhatikan asupan nutrisi dan jumlah kalori yang masuk," ungkapnya. 

Berikut contoh jadwal menu diet efektif ala Coach Siavash Nadim:

Sarapan: Telur dadar dengan sayuran, roti gandum, dan secangkir teh dengan gula. 

Camilan Pagi: Segenggam kacang almond atau potongan buah kesukaan Anda.

Makan Siang: Nasi merah/putih dengan ayam panggang, sayuran kukus, dan segelas air lemon.

Camilan Sore: Yogurt rendah lemak dengan tambahan buah-buahan segar.

Makan Malam: Ikan panggang dengan kentang panggang dan salad sayuran

Coach Siavash Nadim yang juga memiliki 100 member ini, tidak memperbolehkan minum alkohol saat menjalani diet. Sebab, alkohol dapat menambah nafsu makan dan mengganggu proses pencernaan. 

Coach Siavash Nadim Personal sendiri telah banyak membantu para membernya dalam menentukan berat badan ideal dan membentuk tubuh atletis. Dalam pendekatan kebugarannya, Coach Siavash tidak hanya berfokus pada aspek angka berat badan semata, tetapi juga mempertimbangkan komposisi tubuh secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya