Muncul Lagi, WHO Temukan Sirup Obat Batuk Beracun Picu Anak Meninggal

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.
Sumber :
  • Pexels/Cottonbro

KAMERUN – Sebuah perusahaan yang mengaku berasal dari Inggris telah ketahuan menjual sirup obat batuk beracun di Kamerun. Terkini, dengan para pejabat kesehatan berlomba untuk menentukan produsen sebenarnya dari produk yang telah terjual habis tersebut dan mengancam nyawa anak.

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Dalam serangkaian peringatan terbaru tentang obat-obatan yang terkontaminasi mematikan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sirup obat batuk yang dijual dengan nama merek Naturcold memiliki lebih dari 200 kali jumlah pelarut dietilen glikol yang terdeteksi. Scroll untuk info selengkapnya.

Belum jelas di mana obat batuk anak beracun itu diproduksi. Meskipun kemasannya mencantumkan produsen sebagai 'Fraken International (Inggris)', tidak ada perusahaan dengan nama ini di Inggris, menurut regulator kesehatan Inggris.

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

"Penyelidikan masih dilakukan untuk menentukan asal produk tersebut,” kata WHO, dikutip laman Telegraph, Jumat 21 Juli 2023.

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

“Produk yang dirujuk dalam peringatan ini mungkin memiliki otorisasi pemasaran di negara atau wilayah lain. Itu mungkin juga telah didistribusikan melalui pasar informal ke negara-negara tetangga,” kata sebuah pernyataan.

Peringatan tersebut muncul setelah kematian lebih dari 300 anak di Gambia, Indonesia, dan Uzbekistan terkait dengan produk sirup obat batuk serupa yang dibuat oleh perusahaan lain pada tahun 2022.

Kematian anak

Penyelidik telah mengungkapkan kekhawatiran bahwa bahan mematikan itu masih beredar dalam rantai pasokan global dan, hingga hari ini, tetap tidak yakin tentang asal muasal racun tersebut.

Meskipun WHO tidak menyebutkan kematian di Kamerun dalam peringatannya, Bloomberg melaporkan bulan lalu bahwa pejabat Kamerun sedang menyelidiki apakah Naturcold terkait dengan kematian selusin anak di negara Afrika barat itu.

WHO mengatakan pertama kali menyadari kekhawatiran tentang produk tersebut pada bulan Maret 2023. Dan negara-negara termasuk Nigeria mengeluarkan peringatan yang memperingatkan orangtua untuk menghindari sirup obat batuk pada bulan April 2023, setelah dikaitkan dengan kematian 6 anak. 

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • freepik/lifeforstock

Tetapi sampel obat baru tersedia untuk WHO bulan lalu dan dianalisis di laboratorium pada 27 Juni. Hasil tersebut menemukan tingkat dietilen glikol setinggi 28,6 persen di Naturcold, jauh lebih tinggi dari tingkat aman yang direkomendasikan sebesar 0,1 persen.

Pelarut kadang-kadang digunakan dalam sirup obat batuk sebagai alternatif yang lebih murah untuk propilen glikol, atau untuk mengatasi kekurangan bahan kelas medis.

Tetapi dietilen glikol biasanya digunakan sebagai larutan antibeku untuk AC dan lemari es, dan bila dikonsumsi dapat memicu gejala termasuk muntah, diare, perubahan kondisi mental, cedera ginjal akut, dan akhirnya kematian.

Misteri sirup obat batuk beracun yang mematikan

Penyelidik internasional yang menyelidiki keracunan fatal 300 anak kecil dengan sirup obat batuk yang terkontaminasi khawatir hal itu mungkin masih beredar di rantai pasokan global.

Pejabat kesehatan berlomba untuk menemukan bahan mematikan di balik skandal obat-obatan beracun terbesar dalam 17 tahun, tetapi otoritas India tidak main-main.

Beberapa obat yang terkait dengan kematian di Gambia dan Uzbekistan telah dilacak ke perusahaan India, meningkatkan kekhawatiran tentang regulasi industri farmasi negara senilai $42 miliar, yang terkadang disebut sebagai "apotek dunia".

Ilustrasi obat sirup/obat batuk.

Photo :
  • Freepik

Salah satu perusahaan yang terlibat skandal sirup obat batuk adalah Maiden Pharmaceuticals. Perusahaan menyangkal melakukan kesalahan, tetapi kerabat 20 dari 70 anak Gambia yang meninggal setelah mengonsumsi sirup obat batuk beracun menggugat pembuat obat India pada akhir bulan lalu, menurut Reuters.

Namun bukan hanya sirup obat batuk yang menjadi sorotan. Pada bulan Mei, Organisasi Pengawasan Standar Narkoba India mengatakan hampir empat persen dari sampel obat-obatan, kosmetik dan peralatan medis yang diuji tidak memiliki kualitas standar.

Dan bulan lalu, regulator menarik kembali sejumlah vaksin tifus karena alasan yang sama. Sementara itu di India, di mana 200 anak meninggal dan obat-obatan belum dikaitkan dengan India, polisi telah melakukan penyelidikan awal terhadap potensi pelanggaran pidana di regulator obat negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya