Perhatikan! Ini 3 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Makanan diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit kronis yang mempengaruhi kesehatan jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai oleh peningkatan kadar gula darah dalam tubuh akibat gangguan dalam produksi atau penggunaan hormon insulin.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Pengaturan pola makan yang sehat dan bijak sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi serius. Berikut VIVA kali ini membahas beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes yang dilansir dari berbagai sumber:

Minuman Manis dan Beralkohol

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Minuman manis seperti minuman bersoda, jus buah kemasan, teh atau kopi dengan tambahan gula, dan minuman energi mengandung jumlah gula yang tinggi. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah, yang berisiko menyebabkan komplikasi pada penderita diabetes.

Selain itu, minuman beralkohol juga harus dihindari karena dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang berbahaya, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan

Makanan olahan seperti roti putih, nasi putih, pasta, dan camilan berbasis tepung putih memiliki indeks glikemik tinggi.

Konsumsi karbohidrat olahan dapat menyebabkan kenaikan tajam kadar gula darah. Sebagai gantinya, pilihlah sumber karbohidrat yang lebih baik seperti roti gandum utuh, nasi merah, atau sereal yang rendah gula.

Makanan Tinggi Gula dan Sirup

Ilustrasi anak konsumsi minuman manis.

Photo :
  • Pixabay.

Makanan manis seperti kue-kue, permen, kue donat, dan makanan pencuci mulut lainnya yang tinggi gula dan sirup harus dihindari. Gula tambahan dalam makanan ini dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang tidak sehat. Beralihlah ke alternatif yang lebih sehat seperti buah segar atau yogurt rendah lemak tanpa tambahan gula.

Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans

Makanan tinggi lemak jenuh dan trans seperti makanan cepat saji, makanan digoreng dalam minyak berlebihan, mentega, dan produk olahan hewani yang kaya lemak jenuh, harus dihindari. Lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan resistensi insulin, yang dapat memperburuk kondisi penderita diabetes.

Buah-buahan Manis Berlebihan

Ilustrasi diabetes dan buah

Photo :
  • express.co.uk

Buah-buahan mengandung gula alami yang sehat, namun beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada yang lain.

Buah-buahan seperti pisang, anggur, ceri, dan mangga, sebaiknya dikonsumsi dengan penuh kewaspadaan karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan. Pilihlah buah-buahan rendah gula seperti apel, pir, atau beri.

Penderita diabetes perlu mengelola pola makan mereka dengan bijak untuk menjaga kadar gula darah dalam batas yang aman.

Menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan trans, serta buah-buahan manis berlebihan adalah langkah yang penting untuk mengontrol diabetes dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Konsultasikanlah dengan ahli gizi atau dokter untuk merencanakan diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu dan pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin guna memantau perkembangan kondisi diabetes kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya