WHO Perbarui Daftar Obat Esensial! Kanker, Penyakit Jantung Hingga untuk Anak

Ilustrasi obat/vitamin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperbarui Daftar Model Obat Esensial (EML) dan Obat Esensial untuk Anak (EMLc), dengan menambahkan banyak obat inovatif. Obat-obatan ini mencakup banyak obat baru untuk multiple sclerosis, kanker, penyakit menular, dan kondisi kardiovaskular.

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Setelah diperbarui, jumlah total obat pada EML dan EMLc masing-masing bertambah menjadi 502 dan 361. Obat apa saja yang dimaksud? Yuk, scroll untuk tahu informasi selengkapnya. 

Dengan menambahkan lebih banyak obat yang sudah terbukti secara klinis, WHO berharap dapat memastikan akses yang adil ke banyak obat esensial yang terjamin kualitasnya bagi semua orang, tanpa membahayakan anggaran kesehatan negara berpenghasilan rendah dan menengah. 

Anang Dihujat Lantaran Tanya Kapan Ghea Nikah, Aurel: Kalau Gak Suka, Gak Usah Nonton

Dilansir The Healthsite, Sabtu 5 Agustus 2023, dalam pemutakhiran 2023, Komite Pakar WHO untuk Pemilihan dan Penggunaan Obat Esensial memilih dari 85 permohonan, yang berisi lebih dari 100 obat dan formulasi. 

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Untuk pertama kalinya, 3 obat untuk pengobatan multiple sclerosis telah dimasukkan ke dalam EML. Obat tersebut di antaranya cladribine, glatiramer acetate dan rituximab. Menurut WHO, obat-obatan tersebut dapat menunda atau memperlambat perkembangan penyakit tersebut. 

Tambahan baru lainnya adalah polipil untuk pencegahan penyakit kardiovaskular. Ini adalah kombinasi dosis tetap dari beberapa obat, termasuk agen penurun kolesterol, penurun tekanan darah dengan dan tanpa asam asetilsalisilat (aspirin).

WHO juga memasukkan obat baru untuk penyakit menular ke dalam EML, yaitu Ceftolozane + tazobactam untuk pengobatan infeksi yang sulit diobati yang disebabkan oleh bakteri yang resistan terhadap berbagai obat.

Selain itu, pretomanid untuk pengobatan tuberkulosis yang resistan terhadap berbagai obat; ravidasvir untuk pengobatan infeksi virus hepatitis C kronis pada orang dewasa (obat ini digunakan dalam kombinasi dengan sofosbuvir); dan antibodi monoklonal untuk penyakit virus Ebola.

Daftar Obat Esensial yang diperbarui juga mencakup dua perawatan untuk kanker baru, yaitu pegylated liposomal doxorubicin dan pegfilgrastim. Yang pertama dimaksudkan untuk pengobatan sarkoma Kaposi (sejenis kanker yang terbentuk di lapisan getah bening atau pembuluh darah), sementara pegfilgrastim dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari beberapa obat kanker pada sumsum tulang.

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia/WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Photo :
  • WHO

Perubahan Obat Esensial untuk Anak (EMLc)
WHO telah memasukkan makanan terapeutik siap pakai ke Essential Medicines for Children (EMLc) untuk pengobatan malnutrisi akut parah pada bayi dan anak kecil. Formulasi lebih dari 70 obat juga diperbarui untuk memastikan bentuk dan kekuatan dosis yang tepat untuk digunakan pada anak-anak.

Dr Benedikt Huttner, Sekretariat EML WHO, menyatakan bahwa daftar tersebut merupakan alat penting untuk mencapai cakupan kesehatan universal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya