Sayang Oma dan Opa, Ini 7 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Lansia 

Makanan sehat, daging, ikan dan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ FotoshopTofs

Jakarta – Proses penuaan adalah bagian alami dari kehidupan, dan nutrisi memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup lansia. Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami perubahan yang mempengaruhi penyerapan nutrisi, metabolisme, dan fungsi organ-organ penting.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan mereka. Nah, kali ini VIVA berikan informasi mengenai nutrisi penting yang dibutuhkan lansia dilansir dari nia.nih.gov sebagai berikut:

Ikan protein hewani

Photo :
  • Pixabay/ Qimono

1. Protein

Protein adalah nutrisi penting untuk pemeliharaan otot, pembetulan jaringan, dan produksi hormon. Lansia perlu mendapatkan cukup protein dari makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, susu, dan produk kedelai.

2. Serat

Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah masalah seperti sembelit. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan adalah sumber yang baik untuk serat.

3. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Susu rendah lemak, yogurt, keju, dan makanan yang diperkaya dengan vitamin D adalah sumber yang baik.

4. Vitamin B12

Vitamin B12

Photo :
  • Times of India

Vitamin B12 diperlukan untuk fungsi saraf yang sehat dan pembentukan sel darah merah. Lansia yang mengalami penurunan penyerapan vitamin B12 perlu mempertimbangkan suplemen atau makanan yang mengandung vitamin ini, seperti daging, telur, dan produk susu.

5. Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting untuk mencegah anemia, yang lebih umum terjadi pada lansia. Daging merah, hati, ikan, dan biji-bijian adalah sumber yang baik.

6. Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin C dan E membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang terkait dengan penuaan dan penyakit kronis. Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, kacang-kacangan, dan minyak zaitun adalah sumber antioksidan.

7. Omega-3 Asam Lemak

Ilustrasi Salmon mengandung Omega-3

Photo :
  • Pixabay/ idkjm123

Omega-3 asam lemak memiliki manfaat antiinflamasi dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah sumber yang kaya omega-3.

Asupan nutrisi yang tepat adalah kunci untuk kesehatan dan kualitas hidup yang baik pada lansia. Dengan memastikan mereka mendapatkan nutrisi penting ini dalam diet mereka, lansia dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran mereka dan menghadapi proses penuaan dengan lebih baik.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi untuk menyesuaikan diet Anda sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Buah pepaya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah pepaya (Carica papaya) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manisnya dan kandungan nutrisinya yang kaya, terutama bagi tubuh sehingga semakin sehat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024