Tidur Nyenyak Dimulai dari Meja Makan: 5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Ilustrasi usai tidur nyenyak.
Sumber :
  • Dokumentasi

Jakarta – Makanan adalah bagian penting dalam kehidupan kita, tetapi makan pada waktu yang salah dapat berdampak buruk pada kesehatan kita. Salah satu waktu yang sangat penting untuk dihindari untuk makan adalah sebelum tidur

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur dapat mengganggu tidur kamu dan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah lima makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur supaya tubuh kamu tetap sehat. 

1. Makanan Berlemak Tinggi

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Ilustrasi daging sapi

Photo :
  • Pixabay

Makanan yang tinggi lemak, seperti makanan cepat saji, daging berlemak, atau makanan yang digoreng dalam minyak berlebihan, bisa memberikan beban pada sistem pencernaan.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Memakan makanan berlemak tinggi sebelum tidur dapat menyebabkan rasa kenyang yang berlebihan, perut kembung, dan ketidaknyamanan saat mencoba tidur. Selain itu, lemak juga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga bisa mengganggu tidur.

2. Makanan Berbumbu Pedas

Sop iga asam pedas

Photo :
  • Shutterstock

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa menyebabkan refluks asam lambung saat kamu berbaring. Ini dapat mengakibatkan rasa terbakar dan ketidaknyamanan pada dada serta gangguan tidur. Hindari makanan pedas seperti cabai, lada, dan saus pedas sebelum tidur.

3. Makanan Berkafein Tinggi

Minuman berkafein.

Photo :
  • Orissa Post

Minuman berkafein tinggi seperti kopi, teh, atau minuman berenergi sebaiknya dihindari beberapa jam sebelum tidur. Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan denyut jantung dan menjaga kamu tetap terjaga. Mengonsumsi kafein sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi sulit, dan kamu mungkin mengalami tidur yang tidak nyenyak.

4. Makanan Manis atau Makanan Tinggi Gula

rasberry, gula pasir, gula putih

Photo :
  • Pixabay/ Myriams-Fotos

Makanan tinggi gula, seperti permen, cokelat, dan es krim, dapat meningkatkan kadar gula darah kamu secara drastis. Ini dapat mengganggu siklus tidur kamu dan menyebabkan penurunan tajam dalam kadar gula darah saat kamu tidur, yang dapat membangunkan kamu tengah malam.

5. Makanan Berat dan Berprotein Tinggi

Ikan protein hewani

Photo :
  • Pixabay/ Qimono

Makanan yang kaya protein seperti daging, ikan, dan telur dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuhmu. Memakan makanan berprotein tinggi sebelum tidur bisa menyebabkan perut terasa kenyang dan berat, yang dapat mengganggu tidurmu. Ini juga bisa meningkatkan aktivitas pencernaan saat kamu seharusnya beristirahat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya