Deret Makanan Bisa Pangkas Hipertensi Hingga Cegah Penyakit Jantung

Hipertensi
Sumber :
  • Times of India

JAKARTA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi kerap diabaikan dan tak disadari banyak orang karena minim gejala. Hal itu membuat masyarakat belum mewaspadai penyakit satu ini, yang berujung pada komplikasi berbahaya pada sakit jantung hingga kematian.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 dan 2018 bahwa terjadi peningkatan prevalensi kasus penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia.

Pada tahun 2013, prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter mencapai 0,5 persen. Mirisnya pada tahun 2018, prevalensi naik menjadi 1,5 persen. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Di Indonesia penyakit kardiovaskuler yang pertama adalah stroke sekitar 19,42 persen dan jantung iskemik 14,38 persen," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Eva Susanti dalam konferensi pers daring bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin 25 September 2023.

Ilustrasi serangan jantung.

Photo :
  • pixabay/geralt
5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit vaskular perifer (PVD).

Kondisi ini dapat membahayakan karena memicu kematian seperti data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang melaporkan sebanyak 17,8 juta orang meninggal karena CVD setiap tahunnya.

Sementara itu, Kemenkes melaporkan bahwa kasus penyakit jantung di Indonesia termasuk yang tertinggi bila dibandingkan dengan penyakit lainnya.

Penderita Hipertensi.

Photo :
  • http://baliwahanasehat.blogspot.com

Hal ini menyebabkan angka kematian yang juga meninggi yakni lebih dari 600 ribu per penduduk.

Eva menambahkan bahwa data dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) mencatat sebanyak 1 dari 1.000 orang Indonesia berisiko mengalami penyakit jantung iskemik.

"Kalau di Indonesia kasus kematian penyakit kardiovaskular mencapai sekitar 651.481 penduduk per tahun. Itu terdiri dari stroke 331.349 kematian dan penyakit jantung koroner 245.343, kemudian sakit jantung hipertensi ada sekitar 50.620, juga diikuti dengan beberapa penyakit kardiovaskular lainnya," terangnya.

Lebih dalam, Eva menuturkan bahwa pola hidup masyarakat yang kurang baik dapat menjadi faktor risiko CVD ini. Asupan nutrisi yang tidak tepat juga berisiko tinggi tubuh rentan diintai deret penyakit CVD.

"Ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan akibat beberapa perilaku seperti merokok, pola makan tidak makan seimbang, kontribusi juga pada permasalahan konsumsi tinggi gula, garam, dan lemak (GGL)," kata Eva.

Karena pola makan sehat menjadi kunci dari pencegahan utama CVD, termasuk hipertensi dan sakit jantung, maka pakar kesehatan menganjurkan sederet makanan alami nan sehat untuk dikonsumsi.

Siapa sangka, makanan yang dianjurkan ini sangat mudah ditemui dan terjangkau.

"Makanan alami yang dapat membantu menurunkan Tekanan Darah, adalah pola makanan sehat. (Seperti) rendah garam, tinggi sayur dan buah, pilih protein yang rendah lemak seperti ikan, putih telur, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak," tandas dokter spesialis gizi klinik, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK, di kesempatan yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya