7 Manfaat Minum Air Hangat Dicampur Madu, Tapi Penderita Diabetes Harus Hati-hati

Ilustrasi madu
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA Lifestyle – Madu dianggap sebagai salah satu pengobatan kuno paling andal yang menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Madu yang dicampur dengan air hangat dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan daripada yang dibayangkan. Meskipun air hangat dianggap sebagai minuman ampuh yang dapat memberikan keajaiban pada tubuh, menambahkan kebaikan madu akan membuatnya lebih baik.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

Minum madu dengan air hangat setiap hari umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Namun, penting untuk memerhatikan pertimbangan tertentu. Apa saja? Yuk, scroll untuk tahu informasi selengkapnya.

Minum madu dengan air hangat sangat baik bagi siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan, mengelola keasaman, atau mengurangi peradangan. Rasa manis alami dari madu adalah pilihan yang lebih baik daripada manisan olahan, membantu penurunan berat badan dengan menurunkan konsumsi kalori secara keseluruhan dan mengurangi nafsu makan. Ini juga dapat membantu mengatasi keasaman di lambung dan mulas sekaligus meningkatkan kinerja sistem pencernaan. 

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Selain itu, efek antiinflamasi madu, yang disebabkan oleh antioksidan dan fitonutriennya, dapat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit inflamasi. Namun, perlu diingat bahwa madu dan air hangat sebaiknya digunakan bersamaan dengan pola makan dan gaya hidup seimbang. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Berikut ini adalah manfaat minum seduhan air hangat dengan madu yang dikonsumsi secara rutin, dilansir Healthshots, Selasa 3 Oktober 2023. 

Membantu menurunkan berat badan
Satu sendok teh madu yang dicampur dengan air hangat dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal ini dapat membantu dalam manajemen berat badan. Dengan mengurangi keinginan untuk ngemil bergula atau berkalori tinggi, hal ini dapat mengontrol porsi dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Menjaga tetap terhidrasi
Minum air hangat dengan madu di pagi hari dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Kesehatan dan berbagai fungsi tubuh dapat didukung dengan hidrasi yang baik.

Meningkatkan sistem pencernaan
Madu dapat menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi iritasi. Dengan air hangat dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan kembung. Selain itu, madu mengandung sifat prebiotik yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Madu kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antimikroba. Kombinasinya dengan air hangat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Membuat kulit bersinar
Madu sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat pelembap dan antibakterinya. Dikonsumsi dengan air hangat dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi serta mengurangi jerawat dan noda pada kulit.

Mengurangi peradangan
Madu mengandung sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan atau penyakit inflamasi lainnya. Jika dikombinasikan dengan air hangat, dapat meredakan ketidaknyamanan terkait peradangan.

Meredakan nyeri otot
Gula alami dalam madu dapat memberikan pasokan energi yang cepat, sehingga dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Ini juga dapat memiliki efek analgesik ringan, meredakan nyeri otot.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun madu menawarkan manfaat ini, moderasi adalah kuncinya. Konsumsi madu yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori, yang mungkin tidak baik bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Selain itu, orang yang alergi terhadap madu harus berhati-hati.

Pasien diabetes sebaiknya berhati-hati atau menghindari minum madu dengan air hangat seluruhnya. Madu merupakan pemanis alami, dan karena kandungan gulanya yang tinggi, dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis sehingga berbahaya bagi pasien diabetes. Mengonsumsi madu dapat menyebabkan peningkatan glukosa darah yang tidak terduga, yang berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan.

Selain itu, disarankan untuk mengunjungi praktisi kesehatan, terutama jika memiliki masalah kesehatan atau alergi tertentu sebelum mulai rutin meminum seduhan madu dengan air hangat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya