Mengatasi Putus Cinta dan Melanjutkan Hidup: Panduan Cara Untuk Move On

Ilustrasi perceraian/patah hati
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Pernahkah kamu mengalami perasaan terluka atau putus cinta yang sulit untuk diatasi? Jika ya, maka kamu tidak sendirian. 

Denny JA: Saatnya Jalankan Politik Move On Usai Putusan MK

Melupakan seseorang yang pernah kamu cintai bisa menjadi tantangan besar, tetapi ada beberapa langkah yang dapat membantu kamu mengatasi perasaan tersebut dan melanjutkan hidup. 

Cara untuk move on atau melanjutkan hidup setelah mengalami perasaan terluka atau putus cinta bisa berbeda-beda bagi setiap individu, tetapi ada beberapa prinsip yang dapat diambil dari penelitian psikologi dan ilmuwan sosial:

Natasha Rizky Disebut Netizen Belum Move On Gegara Hal Ini

Ilustrasi patah hati.

Photo :
  • Pixabay

1. Terima perasaan kamu: Pertama-tama, penting untuk menerima perasaan yang kini tengah kamu rasakan. Jangan menekan atau meniadakan perasaan sedih, marah, atau kecewa. Ini adalah bagian alami dari proses penyembuhan.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

2. Berbicara dengan seseorang: Berbicara dengan teman, keluarga, atau seorang profesional, seperti psikolog atau psikiater, bisa membantu kamu memproses perasaanmu. Terkadang, berbicara dengan seseorang yang netral dapat memberikan perspektif yang berbeda.

3. Jaga kesehatan fisik: Pola makan yang sehat, tidur yang cukup, dan olahraga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional kamu.

4. Temukan hobi atau minat baru: Mengalihkan perhatian kamu dengan mengejar hobi atau minat baru dapat membantu kamu merasa lebih bersemangat dan terlibat dalam aktivitas positif.

Selain itu, kamu juga bisa bertemu orang-orang baru yang akan membawa dampak positif dalam hidup. 

5. Tetap terhubung dengan teman-teman: Jangan menarik diri dari hubungan sosial. Teruslah berinteraksi dengan teman-teman dan orang-orang yang peduli tentang kamu.

6. Pertimbangkan meditasi dan relaksasi: Teknik-teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga, dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

7. Beri waktu: Ingatlah bahwa proses "move on" tidak bisa dipaksakan. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk sembuh sepenuhnya.

8. Hindari kontak dengan mantan: Pada awalnya, mungkin bijaksana untuk menghindari kontak dengan mantan pasangan Anda agar Anda dapat fokus pada penyembuhan diri.

9. Hindari membandingkan diri dengan orang lain: Setiap orang bergerak maju dengan kecepatan yang berbeda. Jangan membandingkan proses kamu dengan proses orang lain.

Dalam proses move on, yang terpenting adalah mendengarkan diri sendiri, mengambil langkah-langkah positif, dan mencari dukungan ketika diperlukan. 

Ilustrasi psikolog

Photo :
  • Businessinsider

Ini adalah pengalaman pribadi, dan akan ada hari-hari ketika kamu merasa lebih baik dan hari-hari ketika kamu merasa sedih. Tetapi dengan waktu dan usaha, kamu akan bisa melanjutkan hidup dengan lebih baik. 

Ingatlah bahwa kamu pantas mendapatkan kebahagiaan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya