Ini Deretan Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Diet Gula

Ilustrasi diet.
Sumber :

JAKARTA – Diet gula merupakan salah satu upaya untuk mengurangi konsumsi gula harian yang dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Banyak orang menghindari makanan manis atau yang mengandung gula tinggi karena diketahui konsumsi gula berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Di samping itu, mengurangi gula tambahan dari pola makan rutin memang dapat mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Ini juga dapat membantu menurunkan berat badan karena gula adalah salah satu penyebab utama di baliknya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Diet

Photo :
  • Times of India

Orang yang diet gula bahkan mungkin mengalami peningkatan yang signifikan pada kesehatan gigi dan kadar gula darah. Namun perlu diingat bahwa menghindari gula sepenuhnya tidak sehat dan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Saat menjalani diet tanpa gula, pastikan mengonsumsi gula alami seperti buah dan sayur yang tidak membahayakan.

Ada beberapa sumber makanan yang bisa menghasilkan gula alami sekaligus dapat memenuhi nutrisi harian seperti buah dan sayur, kacang-kacangan, dan masih banyak lainnya.

Diet

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, bagi orang yang sedang menjalani diet gula, ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Melansir Health Shots, berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang menjalani diet tanpa gula.

1. Gula Tambahan

Jika sedang menjalani diet tanpa gula, fokus lah untuk menghilangkan atau mengurangi makanan dan minuman yang mengandung tambahan gula. Ini termasuk minuman manis seperti soda, jus buah, minuman energi, kopi, teh manis, dan lainnya.

2. Permen dan Makanan Penutup

Permen, kue kering, es krim, dan makanan manis lainnya juga harus dihindari. Pilihlah alternatif bebas gula atau pemanis alami jika ingin menambahkan gula.

diet makrobiotik

Photo :
  • vstory

3. Makanan Olahan

Banyak makanan olahan, termasuk makanan ringan kemasan, bumbu, dan saus salad, sering kali mengandung tambahan gula yang tersembunyi.

Penting untuk memeriksa label dan memilih produk tanpa tambahan gula atau kandungan gula minimal. Contoh makanan olahan antara lain makanan ringan kemasan, makanan cepat saji, makanan beku, permen, kue, dan kue kering.

4. Roti Putih dan Biji-bijian Olahan

Roti putih, nasi putih, dan biji-bijian olahan lainnya dapat meningkatkan kadar gula darah. Memilih biji-bijian alami seperti kacang-kacangan dan almond adalah pilihan yang lebih baik.

Diet mediterania

Photo :
  • webmd

5. Sereal Sarapan Manis

Kebanyakan sereal sarapan komersial mengandung banyak gula tambahan. Individu harus memilih pilihan tanpa pemanis atau rendah gula dan menambahkan buah-buahan untuk menambah rasa manis.

6. Jus Buah

Buah-buahan kaya akan gula alami. Tetapi alih-alih jus buah, buah utuh adalah pilihan yang lebih baik karena mengandung serat, sehingga memperlambat penyerapan gula.

Sementara itu, kebanyakan orang akan menambahkan gula lagi ketika membuat jus buah.

7. Daging Olahan

Beberapa daging olahan, seperti sosis dan bacon, mungkin mengandung tambahan gula yang tak nampak. Dianjurkan untuk memilih daging yang belum diolah atau yang tidak mengandung tambahan gula.

Perhatikan bahwa mengikuti diet tanpa gula bukan berarti tidak akan pernah bisa menikmati makanan manis lagi.

Namun diet ini dapat membantu mengendalikan keinginan akan gula seiring waktu karena selera makan dapat beradaptasi dengan kadar gula yang lebih rendah.

Perhatikan juga untuk selalu membaca label makanan dengan cermat untuk menjaga pola makan sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya