Ini Jenis Olahraga yang Cocok untuk Para Penderita Obesitas, Mudah, Murah Tapi Efektif!

Ilustrasi obesitas/kegemukan.
Sumber :
  • Pexels/Andres Ayrton

VIVA Lifestyle – Obesitas adalah masalah kesehatan global yang semakin meningkat, dan untuk mengatasinya, penting untuk menggabungkan perubahan gaya hidup, termasuk peningkatan aktivitas fisik.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ada berbagai jenis olahraga yang cocok untuk membantu mengatasi obesitas. Yang terpenting adalah memilih aktivitas fisik yang kamu nikmati dan dapat kamu pertahankan dalam jangka waktu yang lama. 

Beberapa pilihan olahraga yang efektif untuk obesitas meliputi:

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Ilustrasi olahraga/lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

1. Berjalan kaki:  Berjalan kaki adalah salah satu aktivitas paling mudah yang dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Ini adalah langkah awal yang baik untuk pemula dan dapat dilakukan hampir di mana saja tanpa perlu perlengkapan khusus.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

2. Berlari: Berlari bisa membakar banyak kalori dan membantu dalam penurunan berat badan. Aktivitas ini meningkatkan stamina, memperkuat otot, dan mendukung penurunan berat badan.

Untuk pemula dan penderita obesitas, bisa memulai lari dengan sesi berjalan cepat dan perlahan-lahan meningkatkan intensitas menjadi berlari.

3. Bersepeda: Bersepeda baik untuk kardiovaskular dan membantu melibatkan otot-otot tubuh. Ini membantu memperkuat otot kaki dan meningkatkan keseimbangan.

Kamu bisa bersepeda di luar ruangan atau menggunakan sepeda statis di gym.

4. Berenang: Berenang merupakan olahraga tanpa beban yang lembut pada persendian, dan dapat membakar banyak kalori.

5. Olahraga air: Aktivitas seperti aqua aerobik atau bermain voli air dapat menjadi pilihan yang menyenangkan.

Zumba dance

Photo :
  • Pixabay/pexels

6. Fitness dan angkat beban: Latihan kekuatan membantu dalam membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme.

7. Yoga: Yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat mendukung program penurunan berat badan.

8. Zumba atau tari aerobik: Kegiatan yang melibatkan tari dan gerakan aerobik ini dapat menjadi pilihan yang menyenangkan.

9. Pilihan olahraga tim: Bergabung dalam tim sepak bola, basket, atau olahraga lainnya dapat meningkatkan motivasi dan sosialisasi.

Yang terpenting adalah menjalankan olahraga secara teratur, setidaknya 150 menit per minggu aktivitas fisik moderat, atau 75 menit aktivitas fisik intens, sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Untuk mencapai hasil yang signifikan dalam mengatasi obesitas, penting untuk menjalankan olahraga secara teratur dan menggabungkannya dengan pola makan seimbang. 

Sebelum memulai program olahraga baru, selalu bijak untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut aman untuk kondisi fisik kamu.

Selamat berolahraga!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya