Pasta Gigi Diklaim Bisa Hilangkan Bekas Cupang di Leher, Ternyata Ini Faktanya

Ilustrasi bercinta/pasangan.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA Lifestyle – Tanda gigitan cinta atau cupang adalah bekas kemerahan yang mungkin ditinggalkan setelah berciuman dengan pasangan. Umumnya tanda merah ini berada di sekitar leher hingga bagian dada. Bekas cupang yang ada di bagian tubuh terbuka itu sering kali membuat orang merasa kurang percaya diri. Sehingga banyak tips yang bertebaran di internet tentang bagaimana cara menghilangkannya yakni salah satunya menggunakan pasta gigi.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Meskipun jarang disadari, cupang adalah kejadian yang sangat umum terjadi pada momen yang penuh gairah antar pasangan. Hal ini dapat menyebabkan tanda merah tua atau keunguan di leher. Memar ini disebabkan oleh isapan atau ciuman yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah di bawah kulit.

Ilustrasi bercinta/ciuman.

Photo :
  • Freepik/freepik
Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Menurut ahli, bekas kecupan ini biasanya memudar dalam waktu 1-2 minggu lamanya.

"Cupang, pada dasarnya adalah memar, terjadi pasca-trauma atau hisapan yang biasanya memudar dalam 1 hingga 2 minggu saat tubuh secara bertahap menyerap kembali darah yang terkumpul di bawah kulit. Namun, durasi pastinya dapat bervariasi berdasarkan tingkat keparahan cupang dan proses penyembuhan seseorang," kata Dr Priyanka Kuri, Konsultan Dermatologis, Rumah Sakit Aster Whitefield, melansir Health Shots, Rabu 25 Oktober 2023.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Dokter Kuri kemudian menegaskan bahwa bekas cupang tidak dapat dihilangkan dengan pasta gigi. Beberapa orang percaya bahwa sensasi dingin dari pasta gigi dapat meredakan kemerahan di kulit, namun faktanya itu tidak berhubungan sama sekali.

"Cupang tidak bisa dihilangkan dengan pasta gigi. Itu adalah sebuah mitos. Meskipun beberapa orang percaya bahwa efek pendinginan dari pasta gigi dapat membantu, hal ini tidak memiliki bukti ilmiah yang mendukung pengobatan cupang," jelas Dr Kuri.

Namun, jika masih ingin mencoba cara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika pasta gigi akan digunakan, memilih pasta gigi dengan rasa mint dapat memperburuk iritasi kulit karena potensi efek alerginya. Sangat penting untuk menggunakan pasta gigi dalam jumlah sedikit saja, karena mengoleskan terlalu banyak dapat menyebabkan kekeringan berlebihan dan potensi sensasi terbakar pada kulit. Jika menggunakan pasta gigi, diamkan selama dua jam saja dan jangan lebih dari itu karena dapat mengiritasi kulit juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya